• Serap Aspirasi Melalui Tandang Desa

    0

    KAYUAGUNG, SUMSEL. jurnalsumatra.com – Selain melalui musyawarah pembangunan (Musrenbang), atau pun musyawarah pembangunan desa (Musrenbangdes) dan lain sebagainya. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), juga mempunyai cara yang optimal untuk menyerap aspirasi dari masyarakatnya, yakni dengan melakukan tandang desa.

    Dalam kegiatan tandang desa tersebut, masyarakat dapat menyampaikan secara langsung aspirasi mereka dihadapan Bupati OKI, Iskandar SE, dengan didengarkan langsung oleh dinas instansi yang berkaitan.

    “Seluruh dinas instansi yang terkait dalam membangun OKI dari desa sengaja saya bawah untuk diperkenalkan langsung kehadapan masyarakat, agar tanya jawab yang kita lakukan dalam kegiatan ini dapat didengar dan dicatat langsung untuk dijadikan program kegiatan,” ujar Bupati OKI, Iskandar SE saat melakukan tandang desa di Desa Pantai Kecamatan SP Padang dan Desa Sukadarma Kecamatan Jejawi, Senin (21/3/2016).

    Menurut pantauan Jurnalsumatra.com pada tandang desa tersebut, masyarakat dipersilakan untuk menyampaikan aspirasinya dihadapan Bupati OKI, Iskandar SE dengan melakukan dialog maupun tanya jawab, sepertihalnya yang disampaikan oleh Kepala Desa Pantai, Bambang Irawan untuk meminta penyaluran air bersih di Desa Pantai, Rengas Pitu dan Belanti.

    Dalam kesempatan tersebut juga, tokoh masyarakat, H Akademi, Nawawi dan Junaidi mengatakan dalam aspirasinya agar Pemkab OKI membangun jembatan dari Desa Belanti ke Desa Terate. “Pembangunan jembatan tersebut sangat diharapkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian maupun perkembangan desa,” ungkapnya sambil menambahkan untuk dibangunkan pasar dan bantuan alat pertanian.

    Ditempat terpisah setalah melakukan kunjungan ke Desa Pantai Kecamatan SP Padang, yakni di Desa Sukadarma Kecamatan Jejawi, tokoh masyarakat dari Desa Sukadarma, Tanjungali, Ulak Tembaga dan Terusan Jawa mengatakan agar Pemkab OKI dapat memberikan bantuan alat pertanian, pembangunan jalan usaha tani sepanjang seribu meter, bangunan jalan pemhubung desa, pembangunan lokal sekolah, pos kesehatan desa maupun pengedaman sungai.

    Dalam kunjungan tersebut, Bupati OKI juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 20 juta untuk desa yang dikunjungi dan Rp 15 juta untuk pembangunan masjid. (RICO/ADV)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com