• Semua Desa NTT Sudah Melaporkan Dana Desa

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com- Kepala Bidang  Pemerintah Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Nusa Tenggara Timur Frits Wungubelen menegaskan, semua desa di wilayah itu sudah melaporkan penggunaan dana desa 2015.
    “Semua desa di NTT sudah melaporkan pemanfaatan dana desa 2015. Tidak benar kalau ada laporan bahwa ada desa yang belum melaporkannya,” kata Frits Wungubelen kepada Antara di Kupang, Senin.
    Menurut dia, laporan pengelolaan dana desa dari seluruh NTT itulah, yang dijadikan sebagai acuan untuk melihat realisasi penggunaan dana desa 2015.
    Dia mengatakan, realisi penyaluran dana desa di NTT mencapai 98 persen dari total dana sebesar Rp812,8 miliar, dan menempati urutan kedua tertinggi secara nasional, setelah Gorantalo.
    “Hanya ada dua dari 2.950 desa di provinsi berbasis kepulauan itu, yang realisasinya tidak mencapai 100 persen,” ungkapnya.
    Total dana untuk desa-desa di 21 kabupaten di NTT yang dikucurkan melalui APBN 2015 sebesar Rp812,8 miliar. Dana itu untuk
    2.950 desa.
    Mengenai penyimpangan, dia mengatakan, dari hasil evaluasi, pihaknya tidak menemukan adanya penyimpangan dalam penggunaan dana desa 2016.
    Namun, tidak tertutup kemungkinan adanya penyimpangan dalam pengelolaan dana desa, setelah dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
    “BPMD hanya menerima laporan dan tidak ada masalah. Kalau nanti ada temuan dari BPK, itu urusannya lain lagi,” ujarnya.
    Hal yang paling penting adalah, pihaknya selalu mengingatkan kepada seluruh aparatur desa agar dalam pengelolaan dana desa, harus tetap berpedoman pada aturan, katanya.
    Jika ada kepala desa yang keluar dari tata aturan, maka harus siap untuk di proses secara hukum, ucapnya, menegaskan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com