• Saat GMT Jembatan Ampera Bakal Ditutup

    0

    Palembang, Jurnal Sumatra – Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan berlangsung Rabu, 9 Maret nanti akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Palembang untuk dijadikan moment yang sangat spesial. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut fenomena alam yang terjadi 100 tahun sekali itu. Bahkan, rencananya Pemkot Palembang bakal menutup Jembatan Ampera saat GMT berlangsung selama empat jam, mulai subuh hingga pukul 09.00 WIB.

    Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, penutupan Ampera dilakukan karena jembatan penghubung Sungai Musi itu menjadi lokasi utama pengamatan GMT. Selain itu, pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel akan menggelar berbagai acara pariwisata di Jembatan Ampera.

    “Ya, karena GMT diperkirakan berlangsung jam 7 pagi, Jembatan Ampera akan kita tutup dari subuh sampai jam 9. Kami persilahkan bagi masyarakat Palembang dan para pelajar untuk ikut menyaksikan GMT di tempat-tempat yang telah disediakan,” papar Harnojoyo saat Rapat Persiapan dan Koordinasi untuk Menyambut GMT di Rumah Dinas Walikota Palembang, Jl Tasik (Kambang Iwak), Selasa (1/3).

    Harno mengatakan, sebelum momen GMT berlangsung pukul 07.00 WIB, pihaknya akan melaksanakan salat subuh berjamaah terlebih dahulu di Masjid Agung. Dilanjutkan salat gerhana, dan berbagai kegiatan pariwisata.

    Bakal banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang menyaksikan GMT ini. Makanya harus kita manfaatkan momen ini semaksimal mungkin untuk memperkenalkan Kota Palembang. Tunjukkan kepada mereka kalau Palembang merupakan kota yang bersih, rapi, indah, dan bersahabat,” tuturnya.

    Sementara itu Kadisbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengungkapkan, pihaknya berupaya menarik wisatawan sebanyak-banyaknya ke Palembang saat GMT berlangsung. Untuk itu, Disbudpar akan menggelar berbagai even pada 8-10 Maret. “Banyak sekali (even) yang kita adakan. Ada Global Night Run, Pagelaran Ogok-Ogok, dan Festival Budaya. Saat hari-H ada pementasan mitos rakyat, naga memakan matahari, dan breakfast di atas Ampera,” terangnya.

    Palembang merupakan salah satu kota dari 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh GMT. Adapun 11 provinsi lain yang dilintasi adalah Bengkulu, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.(ria)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com