• Ruslan : Investor Mulai Survei KEK

    0
    Ruslan Bahri

    Ruslan Bahri

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Beberapa calon investor mulai menyurvei Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA), Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Termasuk salah satu pengusaha dari Dubai akan berinvestasi di Tanjung Api-Api (TAA).

    Badan Promosi Perizinan dan Penanaman Modal Daerah Sumatera Selatan Ruslan Bahri di Palembang, Rabu,(11/03/2016) mengatakan, sebagian besar calon investor ini ingin melihat secara langsung lokasi yang ditawarkan pemerintah provinsi.

    Pengusaha dari Dubai akan berinvestasi di Tanjung Api-Api (TAA), Sumatera Selatan dan dalam waktu dekat tim dari perusahaan tersebut akan berkunjung ke Sumatera Selalatan.

    Beberapa calon investor mulai menyurvei Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA), Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, untuk memastikan rencana penanaman modal pada tahun 2016.

    “Di KEK ini, pemprov menyiapkan konsep, menyiapkan tempat, dan menyiapkan kawasan agar para calon investor dapat melakukan studi kelayakan. Ini berbeda dengan membangun jalan, yang apabila sudah survei dapat langsung dikerjakan. Untuk KEK, investor ingin mengetahui dulu lokasi persisnya di dalam satu kawasan,” kata Ruslan.

    Ia mengemukakan sebanyak tiga perusahaan telah menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di KEK TAA yakni Dubai Port Authority Corporation, PT DEX dan PT Indorama.

    “Ketiga perusahaan ini sudah melakukan beberapa pembicaraan dengan pemprov, dan sangat berharap bahwa KEK ini segera terealisasi, seperti PT DEX yang berencana membuat pabrik pengolahan minyak sawit, Indorama dengan olahan karet sintetiknya, serta Dubai Port sendiri yang berkeinginan menjadikan Pelabuhan TAA sebagai pelabuhan terbesar di kawasan Asia,” kata Ruslan.

    Ia mengatakan, khusus dengan Dubai Port, pemprov Sumsel sedang mengintensifkan pembicaraan terkait rencana perusahaan operator pelabuhan internasional ini mempercepat pembangunan Pelabuhan Tanjung Api-Api.

    Pengusaha dari Dubai itu bernama Dubai Port World dan mereka tertarik berinvestasi di pelabuhan Tanjung Carat, Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, kata Kepala Badan Promosi Perizinan dan Penanaman Modal Daerah Sumsel Ruslan Bahri usai rapat menyambut kedatangan tim Dubai Port World ke Sumsel di Palembang, Jumat.

    Lebih lanjut dia mengatakan, berdasarkan informasi pengusaha besar itu tertarik berinvestasi di pelabuhan.

    Namun, lanjut dia, pihaknya belum mengetahui nantinya mereka akan menanam modal dibidang apa dan apakah peti kemas atau yang lainnya.

    Selain itu Dubai tersebut juga akan berinvestasi di kawasan ekonomi khusus, Tanjung Api-Api, Sumsel, kata dia.

    Yang jelas mereka cukup tertarik untuk berinvestasi di kawasan tersebut sehingga dalam waktu dekat ini akan melaksanakan peninjauan, ujar dia.

    Sehubungan itu Pemerintah Provinsi Sumsel mempersiapkan diri menyambut kedatangan pengusaha Dubai tersebut.

    Bahkan, lanjut dia, “Beberapa waktu lalu telah dilakukan notakesepahaman antara perusahaan Korea yang akan berinvestasi di bidang gas. Yang jelas pihaknya terus berbenah agar investor semakin tertarik untuk menanamkan modalnya, “jelasnya.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com