• RSUD Mataram Buka Tiga Inovasi Pelayanan

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, membuka tiga inovasi program pelayanan bagi pasien di kota ini sebagai upaya menjadikan RSUD Mataram pilihan masyarakat.
    Pembukaan tiga inovasi program pelayanan bagi pasien di kota ini dirangkaikan dengan peringatan hari ulang tahun ke-6  RSUD Mataram, Kamis, yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Mataram untuk peresmian gedung “Graha Mentaram” atau “private wings” yang dihadiri ratusan pejabat dan tamu dari berbagai unsur.
    “‘Private wings’ ini merupakan satu dari tiga program inovasi yang kami mulai buka saat ini,” kata Direktur RSUD Mataram dr H Herman Mahaputra kepada wartawan.
    Dua program inovasi lainnya adalah pelayanan “hyperbaric chamber” atau terapi oksigen dengan fasilitas oksigen bertekanan tinggi untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak.
    “Selain itu, RSUD Kota Mataram juga mulai membuka pelayanan ‘cathlab’ atau terapi jantung,” sebut pria yang sering disapa dr Jack ini.
    Menurutnya, tiga terobosan pelayanan di RSUD Mataram itu merupakan satu-satunya di NTB, sebagai upaya menjadikan RSUD Mataram sebagai rumah sakit pilihan masyarakat.
    Untuk menjadi rumah sakit pilihan masyarakat, katanya, berbagai fasilitas dan infrastruktur dari tahun ke tahun terus dilengkapi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Mataram.
    “Inovasi ini kami terapkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Kota Mataram,” katanya.
    Gedung “private wings” misalnya, kata dr Jack, adalah untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat menengah ke atas atau pasien umum non-BPJS agar bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik, sehingga tidak ke rumah sakit swasta.
    Sementara pelayanan “hyperbaric chamber” untuk mendukung NTB sebagai daerah pariwisata dan sebagian besar menyukai wisatawan suka dengan wisata laut dan melakukan olah raga menyelam.
    “‘Hyperbaric chamber’ ini memiliki fasilitas oksigen bertekanan tinggi untuk menormalkan kondisi para penyelam yang bermasalah,” sebutnya.
    Manfaat lainnya, “Hyperbaric chamber” juga untuk pemperbaiki sel yang rusak, sehingga bisa untuk penderita kencing manis, patah tulang, penyempitan pembuluh darah mata, gangguan saraf seperti stroke dan neuropati bahkan bisa juga untuk kecantikan.
    Sedangkan pelayanan “cathlab” untuk terapi pengobatan penyakit jantung ini dibuka, dengan melihat banyaknya kasus penyakit jatung yang dialami masyarakat kota yang dipengaruhi oleh banyak faktor.
    “Tidak adanya pelayanan ‘cathlab’ di daerah ini, menyebabkan pasien penyakit jantung berobat ke luar daerah. Karena itulah kami menginisiasi pelayanan itu untuk membantu masyarakat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com