• Presiden Jokowi Tinjau LRT dan Toll Palindra

    0
    Presiden Jokowi Tinjau LRT dan Toll Palindra

    Presiden Jokowi Tinjau LRT dan Toll Palindra

    Palembang, jurnalsumatra.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin melakukan peninjauan pembangunan proyek light rail transit (LRT) dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menuju Jakabaring sepanjang 22,5 kilometer. Setiba di Palembang, Rombongan ini langsung menuju lokasi yang disiapkan berada di Zona I di kawasan Bandara SMB II Palembang, Kamis (3/3).

    Selain menijaun LRT, Jokowi bersama Gubernur H Alex Noerdin juga melakukan peninjauan pembangunan jalan Toll Palembang- Indralaya serta sebelum bertolak ke Jakarta Jokowi dijadwalkan melakukan penyerahan surat pemberitahuan tahunan (SPT) Pajak secara online.

    Nampak hadir bersama Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan,Direktur Jenderal Pekeretaapian Hermanto Dwiatmoko, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, serta Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyjono.

    Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi menceritakan awal mulanya pembangunan LRT di Palembang, Menurut Jokowi, LRT ini berawal dariGubernur Alex Noerdin yang menyampaikan tentang kondisi jalanan di kota Palembang sudah mulai macet, Gubernur Alex Noerdin mengusulkan agar dibangun transportasi masal dan disetujui Presiden Jokowi.

    “ Seperti yang kita lihat pembangunan LRT ini sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai rencana, kita harapkan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018” ungkapnya.

    Sementara di hadapanPresiden Jokowi, Menhub Jonan memaparkan video denah trase LRT, serta menjelaskan tentang pembangunan LRT di Palembang dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya sejak Oktober 2015 lalu.

    Menurut Jonan, pelaksanaan pembangunan LRT ini dibagi lima zona yang memiliki 13 stasiun, satu jembatan yang sejajar dengan Jembatan Ampera, dan satu dipo. Ke 13 stasiun tersebut adalah Bandara SMB II, stasiun Asrama Haji, RSU Provinsi, Telkom, Palembang Square Mall, Kantor Dishubkominfo Sumsel, Simpang Polda, Demang Lebar Daun, Pasar Cinde, Jembatan Ampera, Polresta Palembang, Jakabaring, OPI Mall, dan Dipo Jakabaring.

    “ Target proyek selesai tahun 2018 atau sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 sudah bisa dioperasikan” terang Jonan.

    Lanjut Jonan menjelaskan, pembangunan LRT di Palembang merupakan proyek percontohan untuk pengembangan perkeretaapian perkotaan yang akan terintegrasi dengan jaringan jalur KA eksisting, sehingga dapat menjangkau pergerakan penumpang yang cukup luas.

    “Selain untuk mendukung Asian Games, LRT ini nantinya akan menjadi percontohan dan akan mulai diterapkan di beberapa perkotaan di Indonesia” Pungkasnya.(relis Humas Pemprov Sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com