• Polisi Kawal Soal Ujian Nasional Di Manado

    0

       Manado, jurnalsumatra.com – Dinas pendidikan (Disdik) Kota Manado, Sulawesi Utara, menyatakan aparat kepolisian mengawal distribusi naskah ujian nasional SMA/SMK.
    “Polisi mengawal semua naskah soal sejak tiba di Manado hingga distribusi dan pembagian ke sekolah-sekolah penyelenggara ujian nasional, yang akan dimulai Jumat (1/4),” kata Kepala Disdik Manado, Corry Tendean, di Manado, Kamis.
    Tendean mengatakan, seluruh soal ujian nasional terjamin keamanannya, karena yang paling diharapkan adalah kelulusan murni, bukan hanya mendapatkan nilai tertinggi.
    Menurut Tendean, nanti setelah naskah ujian nasional terdistribusi, masih akan dilanjutkan dengan pengawalan sampai pelaksanaan ujian, sehingga prosesnya berjalan lancar.
    Dia mengatakan, memang setiap sekolah mengingingkan kelulusan siswa seratus persen, tetapi bukan berarti harus berusaha mencapainya dengan jalan yang tidak jujur.
    “Sebab kejujuran adalah hal terpenting dalam pendidikan, karena itu kelulusan tidak boleh dicapai dengan cara curang, harus jujur,” katanya.
    Apalagi, menurut Tendean, ujian nasional tidak menjadi satu-satunya penentu dalam kelulusan, ada faktor lain juga, karena itu kejujuran harus diutamakan.
    Tendean mengatakan untuk mendukung keamanan soal-soal ujian nasional agar tidak bocor, pihaknya mengimbau para orang tua dan wali murid untuk menanamkan kejujuran dalam hati dan pikiran anak-anaknya.
    “Dengan demikian mereka semua tidak akan memaksakan diri untuk mendapatkan salinan jawaban atau berusaha mencari bocoran, tetapi akan tetap jujur dalam ujian nanti,” katanya.
    Karena itu, Tendean menjamin kalau soal UN di Manado tidak akan bocor, karena pihaknya melakukan berbagai persiapan matang, sehingga pelaksanaan ujian nanti semuanya akan aman.
    Kepala SMA Negeri 7 Manado Kartini Tewal mengatakan, sejak akhir tahun lalu mereka sudah melakukan persiapan menghadapi ujian akhir nasional 2016.
    “Sedapatnya kami mengingatkan semua siswa maupun orang tuanya agar jujur dalam pelaksanaan ujian nasional termasuk pada UN kali ini sehingga kebocoran soal juga bisa dicegah,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com