• POLAIR POLDA KALTENG Tangkap Kapal Nelayan Ilegal

    0

    Sampit, jurnalsumatra.com – Kepolisian Air Polda Kalimantan Tengah menangkap dua kapal nelayan dari Tegal, Jawa Tengah yang diduga menangkap ikan secara ilegal di perairan Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan provinsi tersebut.
    “Kedua kapal itu kita tangkap pada Jumat (25/3) dan sekarang diamankan di Polair Polda Kalteng. Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda dan anak buah kapal (ABK),” kata Direktur Polair Polda Kalteng Kombes Alex Fauzi Rasad melalui Kasubdit Gakkum AKBP Agus Tri Waluyo di Sampit, Selasa.
    KM Bangun Jaya dinahkodai Ratman dengan 21 orang ABK, dan KM Ulam Sari Ayu dinahkoda Triyono bersama 23 ABK. Dari kapal berbendera Indonesia tersebut, aparat  menyita barang bukti berupa ratusan kilo gram ikan campuran.
    Kedua kapal itu diduga kuat melakukan aktivitas penangkapan ikan tanpa Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).  Mereka diduga melanggar pasal 100 Jo pasal 7 Ayat 2 Hurup C, UU RI No.45 Tahun 2009, perubahan UU RI No.31 Tahun 2004 tentang perikanan.
    “Dalam kasus ini, kita menyita barang bukti berupa kapal yang digunakan, ikan, alat tangkap centrang, dan dokumen kapal yang diduga kuat digunakan tidak sesuai peruntukannya,” katanya.
    Tertangkapnya pelaku ilegal fishing tersebut dari hasil patroli KP Walet 4003 di sekitar perairan Kuala Pembuang, Jumat (25/3) sekitar pukul 11.00 WIB. Petugas mencurigai kapal yang jarang terlihat berlayar di perairan itu.
    Dalam KM Ulam Sari Ayu, polisi menemukan ratusan jenis ikan. Petugas meminta nakhoda menunjukkan dukumen SIPI. Saat diminta SIPI tidak sesuai aktivitas mereka di perairan itu. Karena tidak lengkap surat petugas mengamankan Nakhoda dan ABK KM Ulam Sari Ayu.
    Setelah menangkap KM Ulam Sari Ayu, polisi memeriksa KM Bangun Jaya. Di kapal itu, polisi menemukan alat penangkap ikan Centrang.
    Kedua kapal langsung dibawa ke Polair Polda Kalteng di perairan Sungai Mentaya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com