• PKK JATENG Sosialisasikan Penggunaan Pewarna Alami Makanan

    0

    Semarang, jurnalsumatra.com – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Tengah giat menyosialisasikan penggunaan pewarna alami makanan di berbagai kalangan masyarakat.
    “Sosialisasi penggunaan pewarna alami makanan ini bertujuan agar masyarakat mengerti dan selalu memakai bahan sehat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya,” kata Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Sudarli Heru Sudjatmoko di Semarang, Jumat.
    Menurut dia, tidak hanya penggunaan bahan sintetis yang perlu dihindari sebagai pewarna makanan, tapi juga larangan pemakaian bahan pangan impor sebagai bentuk kedaulatan pangan.
    “Bahan baku lokal, terutama yang diproduksi di Jateng cukup banyak dan beragam, contohnya kedelai organik Grobogan yang bukan saja diproduksi lokal, tapi juga lebih baik karena tanpa pestisida,” ujarnya.
    Ia mengakui jika pengenalan bahan pewarna alami makanan kepada masyarakat memang tidak mudah, bahkan tidak sedikit pelaku usaha pangan yang keberatan menghindari pewarna sintetis dengan alasan produknya menjadi kurang menarik.
    “Saat diminta tidak menggunakan pewarna alami makanan, masyarakat sering menolak karena kalau warna (produk makanan) tidak merah benar maka tidak laku,” katanya.
    Oleh karena

    itu, kata Sudarli, seluruh kader PKK Jateng diminta membantu agar masyarakat mendapat tambahan pengetahuan mengenai bahaya penggunaan pewarna sintetis pada berbagai olahan makanan.
    “Kader PKK jangan pernah bosan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga supaya yang bersangkutan dapat mengurus rumah tangga masing-masing sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat serta sejahtera,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com