• Penyaluran Dana Desa Di Mukomuko Tunggu PERBUP

    0

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Penyaluran dana desa sebesar Rp111 miliar untuk 148 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sampai sekarang belum ditransfer karena masih menunggu peraturan bupati (Perbup).
    “Kami menunggu perbup dan surat keputusan (SK) bupati tentang alokasi dana desa dan besarannya untuk masing-masing desa,” kata Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko Sabrin, di Mukomuko, Selasa.
    Sebesar Rp111 miliar dana desa itu bersumber dari APBN sebesar Rp90 miliar dan APBD Rp21 miliar. Setiap desa menerima sebesar Rp700 – Rp900 juta.
    Ia mengatakan, setelah keluar perbup, setiap desa harus mengajukan rancangan peraturan desa (Raperdes) tentang anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).
    “Setelah keluar perbup akan diinformasikan ke kecamatan agar desa segera membuat Raperdes APBDes. Raperdes APBDes dari desa itu akan diverifikasi diberikan waktu tujuh hari,” ujarnya.
    Ia mengatakan, petunjuk teknis pengunaan dana desa itu, sebesar 70 persen untuk kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat, kemudian sebesar 30 persen untuk membayar gaji kepala desa dan perangkatnya, termasuk operasional.
    Ia menerangkan, berdasarkan aturan dana desa yang bersumber dari APBD tahun 2016 ini sebesar Rp21 miliar masih kurang dari 10 persen dana alokasi umum (DAU).
    “Berdasarkan aturan dana desa itu 10 persen dari DAU setelah dipotong dana alokasi khusus (DAK). Kalau mengacu dengan aturan 10 persen, dana desa masih kurang sekitar Rp30 miliar lagi,” ujarnya.
    Ia mengatakan, instansi itu akan mengusulkan penambahan dana desa dalam APBD perubahan tahun 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com