• Penerima Dana Desa Di Rejanglebong Terkendala SDM

    0

        Rejanglebong, jurnalsumatra.com – Kalangan penerima dana desa di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, saat ini masih terkendala dengan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan dana yang diberikan pemerintah pusat itu.
    Camat Kecamatan Curup Utara Zulfan Effendi, di Rejanglebong, Jumat, mengatakan dana desa yang dialokasikan ke wilayah yang dipimpinnya itu pada tahun ini mencapai Rp3 miliar, dana itu diterima 12 desa dengan nilai rata-rata besaran Rp250 juta per desa.
    “Kedepannya SDM yang akan mengelola dana desa ini dapat ditingkatkan, masing-masing desa penerima harus diberikan pelatihan khusus dengan waktu yang cukup memadai, dan bukan camatnya yang diberikan penyuluhan,” katanya.
    Pelatihan pengelolaan dana desa baik untuk penyusunan program maupun pengelolaan keuangan sampai dengan pelaporan kegiatan pelaksanaannya oleh masing-masing desa, kata dia, sangatlah penting dilakukan mengingat ke depannya tanggung jawab penggunaan dana ini semakin besar.
    Minimnya SDM dan pengetahuan kepala desa berikut perangkatnya, tambah dia, membuat realisasi penyerapan dana desa di daerah itu menjadi lamban. Hal ini bisa dilihat dari 12 desa di Kecamatan Curup Utara masih ada empat desa yang penyerapannya berkisar 40 persen, dan delapan desa lainnya sudah 80 persen.
    Selain minim SDM, para kepala desa di wilayah ini masih dipegang oleh penjabat kepala desa, sedangkan untuk proses pemilihan kepala desa belum bisa dilaksanakan karena peraturannya belum turun dari Pemkab setempat, akibatnya kinerja pemerintahan desa tidak bisa berjalan optimal.
    Dana desa yang diterima oleh Kecamatan Curup Utara saat ini kata Zulfan, telah memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan sarana infrastruktur di masing-masing desa seperti pembangunan jalan desa, saluran drainase, perbaikan sarana kesehatan, perbaikan kawasan pemukiman dan lainnya.
    “Ke depannya alokasi anggaran dana desa ini akan difokuskan dalam bidang pengembangan usaha perekonomian masyarakat sehingga dapat mengatasi permasalahan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu yang tersebar dalam 12 desa di Curup Utara,” ujarnya.
    Sebelumnya asisten Tata Pemerintahan Pemkab Rejanglebong, Edy Prawisnu menyebutkan alokasi Dana Desa yang diterima Kabupaten Rejanglebong 2016 mencapai Rp73 miliar, jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan 2015 yang hanya berkisar Rp33,5 miliar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com