• PEMPROV Bali Buka Pendaftaran Penyuluh Bahasa Bali

    0

    Denpasar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Bali membuka pendaftaran calon tenaga kontrak penyuluh bahasa Bali yang akan ditempatkan pada 716 desa di Pulau Dewata.
    Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, di Denpasar, Kamis, mengatakan pendaftaran akan dibuka dari 4 hingga 15 April 2016 dan para pelamar nantinya akan melalui dua kali tes yakni tes tertulis dan wawancara.
    Dia mengemukakan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar yakni pendidikan minimal Sarjana (S1) jurusan Bahasa dan Sastra Bali, Jawa Kuna atau Pendidikan Bahasa Bali serta mempunyai kemampuan berbahasa Bali lisan dan tulis.
    Syarat lainnya adalah mempunyai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,0, usia maksimal 50 tahun, bersedia ditempatkan di seluruh desa di wilayah Provinsi Bali. Serta berdomisili di wilayah Provinsi Bali yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.
    “Penyuluh bahasa Bali yang akan bekerja mulai 1 Juli 2016, diupayakan akan ditugaskan di desa terdekat ataupun di desa masing-masing. Hal itu karena mereka sebelum menjalankan tugasnya tentu harus melakukan pendekatan dengan jajaran aparat desa adat maupun desa dinas,” ucapnya.
    Selain itu, lanjut dia, para penyuluh juga harus memetakan potensi yang dimiliki desa terkait dengan kegiatan yang berhubungan dengan bahasa Bali seperti sudah adakah kegiatan pesantian maupun pasraman (tempat pendidikan Hindu).
    Sementara itu, Sekretaris Tim Seleksi Perekrutan Penyuluh Bahasa Bali Dr I Wayan Suardiana MHum mengatakan, di antara tugas pokok yang harus dilakukan penyuluh adalah mendampingi “sekaa teruna” atau perkumpulan pemuda-pemudi untuk menghidupkan kembali situasi kebahasaan, baik itu Sastra Bali maupun Sastra Jawa Kuno.
    Terkait pendaftaran calon penyuluh bahasa Bali, surat lamaran harus ditulis tangan ditujukan kepada Tim Seleksi Perekrutan Tenaga Kontrak/Non PNS Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali di Kantor Dinas Kebudayaan, Jalan Ir Juanda No 1 Niti Mandara, Denpasar.
    Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap. Bagi yang memenuhi syarat administrasi, akan mengikuti tes tulis. Tes tulis dilaksanakan di GOR Ngurah Rai pada Rabu, 4 Mei 2016 dan tes wawancara dilaksanakan 17-20 Mei 2016 di Taman Budaya (Art Center) Denpasar.
    Kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan di papan pengumuman Dinas Kebudayaan Bali, papan pengumuman Kantor Gubernur Bali dan di website: www.disbud.baliprov.go.id mulai Kamis, 21 April 2016.
    Kelulusan tes tulis kemampuan bidang keahlian diumumkan pada Senin, 9 Mei 2016. Sedangkan kelulusan hasil tes wawancara akan diumumkan pada Rabu, 27 Mei 2016.
    “Pengumuman selengkapnya dapat dilihat di papan pengumuman Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, papan pengumuman Kantor Gubernur Bali dan pada website: www.disbud.baliprov.go.id,” ucap (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com