• PEMKOT Palangka Raya Diminta Segera Bentuk PPID

    0

    Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah diminta membentuk dan mengesahkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di daerah tersebut.
    “Ini penting untuk transparansi dan pengelola informasi publik secara optimal. Pemerintah kota diharapkan membentuk PPID, baik PPIB utama maupun pembantu,” kata Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Dishubkominfo Kalimantan Tengah Elahni Hajati di Palangka Raya, Rabu.
    Elahni mengatakan, PPID nantinya harus dibentuk setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Tugasnya bertanggung jawab di bidang pelayanan informasi publik meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik.
    “Dengan terbentuknya PPID diharapkan pemerintah dapat memberikan layanan secara cepat, tepat, murah dan sederhana dengan tetap mengedepankan azas keterbukaan,” katanya.
    Hal itu diungkapkannya dalam acara Sosialiasi dan Koordinasi Komisi Informasi Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di ruang Peteng Karuhei 2, lingkungan kantor Pemerintah Kota Palangka Raya. Namun tidak semua pejabat Pemkot Palangka Raya hadir.
    “Kebetulan pada hari ini sebagian lag dinas sehingga diantara mereka tidak hadir. Namun demikian sebagian lainnya mengutus wakil seperti sekretaris dan bidang terkait penanganan informasi,” kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Sibagio.
    Mofit menyatakan telah meminta Badan Komunikasi, Informatika, Perpustakaan dan Arsip Palangka Raya untuk segera melakukan infentarisasi terhadap SKPD terkait pembentukan PPID.
    “Segera setelah acara ini melihat mana SKPD yang sudah menyusun PPID dan yang belum. PPIB ini penting sehingga informasi terkait pembangunan dan kebijakan publik dapat dirilis dan disalurkan pada masyarakat yang memerlukan,” katanya.
    Dia berharap SKPD terbuka dalam memberi informasi kepada publik termasuk media, jika data atau infomasi yang diminta bukanlah rahasia negara.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com