• PEMKAB Melawi Siapkan 232 POS PIN POLIO

    0

    Nanga Pinoh, Kalbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, menyiapkan 232 pos pelayanan Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dimulai sejak Selasa (8/3), kata Bupati Melawi Panji.
    “Pencanangan PIN Polio diikuti dengan pemberian vaksin polio ke seluruh PAUD hingga pasar tradisional ini didukung PKK serta sejumlah organisasi wanita,” kata Bupati Panji di Nanga Pinoh, Jumat.
    Ia menjelaskan program imunisasi menjadi bagian dari rencana strategis Pemkab Melawi untuk mencegah kecacatan dan kematian akibat penyakit termasuk polio yang memang sudah dinyatakan bebas dari Indonesia sejak 2014.
    “Pelaksanaan PIN Polio ini bukan hanya komitmen daerah, namun merupakan komitmen nasional dan global,” ujarnya.
    Panji mengimbau  petugas agar terus melakukan sosialisasi secara terus menerus dan mencakup sasaran yang lebih luas sehingga tidak boleh ada masyarakat yang tidak tahu akan program PIN Polio ini.
    “Para camat dihimbau supaya membawa petugas dan memfasilitasi kegiatan dan melakukan mobilisasi massa sasaran untuk mendapatkan pelayanan pada pos-pos pelayanan terdekat, di Melawi sendiri ada 19.924 bayi yang menjadi sasaran vaksinasi polio. Agar target ini tercapai Pemkab sudah menyiapkan 232 pos pelayanan PIN Polio di 11 kecamatan,” ungkapnya.
    Sasaran PIN Polio juga di daerah-daerah terpencil dan sulit dijangkau. Serta di daerah yang terbatas akses informasinya, ujarnya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Melawi Ahmad Jawahir menyatakan, pada hari pertama Dinkes bersama PKK dan GOW langsung berkeliling untuk mengecek balita yang wajib mendapatkan vaksinasi polio. Sasarannya diantaranya pasar tradisional di Nanga Pinoh, guna memberikan vaksinasi secara langsung yang disambut baik oleh masyarakat.
    “Kami pastikan vaksin PIN Polio ini tidak ada efek samping. Dan ini diberikan gratis keseluruh bayi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com