• Pemkab Lahat Targetkan 95 Persen Bayi Terimunisasi

    0
    Pemkab Lahat Targetkan 95 Persen Bayi Terimunisasi

    Pemkab Lahat Targetkan 95 Persen Bayi Terimunisasi

    Lahat, jurnalsumatra.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lahat menargetkan sebanyak 95 persen bayi usia 0-59 bulan telah diimunisasi. Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang saat ini sedang berjalan menjadi tolak ukur guna mewujudkan Lahat bebas Polio seperti yang selama ini dicanangkan.

    Hal tersebut, dikatakan Kepala Dinkes (Dinas Kesehatan) kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri, pencanangan PIN ini diselenggarakan mulai 8-15 Maret, ditargetkan minimal 95 persen, semua balita mendapatkan vaksinisasi polio. Seluruh desa dikecamatan telah didirikan Posko PIN agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

    “Oleh sebab itu, akan kita maksimalkan 100 persen target semuanya, setidaknya minimal 95 persen menjadi prioritas dalam pemberian imunisasi polio tersebar di 22 kecamatan di 32 puskesmas,” terangnya.

    Selain itu, menurut Kepala Dinkes Lahat ini, vaksinisasi ini tidak hanya dipusatkan di puskesmas saja, dimana, juga program nasional ini di 24 pos posyandu dalam Kota Lahat. Diprediksi, untuk jumlah peserta laki-laki sebanyak 2.227 dan perempuan 2.281, sehingga total balita dalam Kota Lahat yang mendapatkan imunisasi mencapai 4.508, kisaran usia 0-59 bulan, belum lagi dari kecamatan lainnya.

    “Maka dari itu, apabila masih ada balita belum menerima ataupun berada di talang-talang, petugas kesehatan siap menjemput bola, supaya tidak ada lagi bayi belum mendapatkan vaksinisasi polio,” pesannya.

    Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Hj RR Sismartianti Aswari menyebutkan, program ini merupakan kewajiban yang harus ikut andil secara serentak di nasional, dengan sasaran bayi 0-59 bulan. Sedangkan di dalam kota sendiri ada 4.508 balita.

    “Memberikan cerita, agar segera mengimunisasi di puskesmas dan posyandu terdekat, bebas polio bisa mencapai target,” kata istri pemimpin Lahat ini.

    Lebih jauh, Ia menguraikan, setidaknya di Kabupaten Lahat sendiri ada 36 ribu anak kisaran 0-59 bulan, besar harapan seluruh perangkat untuk mendaftar secara detail ada kendal jemput bola, banyak ibu-ibu takut mengimunisasi.

    “Kepada pihak puskesmas memberikan pengarahan terbaik. Jangan sungkan atau keberatan guna menceritakan, awalnya tidak mau, maka, dilaksanakan sebab sama sekali tak ada efek dan tentunya bebas dari penyakit polio kedepannya,” kata Ketua TP PKK Lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com