• PEMKAB Agam 2016 Renovasi Tiga Pasar Tradisional

    0

    Lubuk Basung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tahun 2016 ini akan merenovasi tiga unit pasar tradisional di daerah itu, agar menjadi tempat berbelanja yang representatif bagi masyarakat/pengunjung.
    Kepala Bidang Pasar, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Agam, Agus Efendi di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan, renovasi ke tiga pasar itu akan dilakukan dengan dana sebesar Rp2.236.540.000.
    Ke tiga pasar itu yakni Pasar Balai Selasa di Kecamatan Lubuk Basung, Pasar Pakan Kamih di Kecamatan Tilatang Kamang dan Pasar Kayu Pasak Kecamatan Palembayan.
    “Saat ini renovasi ke tiga pasar ini sedang proses penyiapan dokumen untuk lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” katanya.
    Dana renovasi pasar ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1.793.040.000 dan Dana Alokasi Umum (DAU) Rp443.500.000.
    Dana dari DAK akan digunakan untuk renovasi Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubuk Basung dan Pasar Pakan Kamih Kecamatan Tilatang Kamang.
    Sementara dari DAU akan digunakan untuk renovasi Pasar Kayu Pasak Kecamatan Palembayan.
    Dana ini akan digunakan untuk memperbaiki lokasi berjualan bagi pedagang sayuran, ikan, ayam dan lainnya di pasar tersebut, sehingga konsumen menjadi betah saat berada di pasar.
    “Ini merupakan konsep kita, agar pasar tradisional yang ada di kabupaten itu menjadi bersih, nyaman dan tertata dengan baik,” katanya.
    Pada 2015, pemerintah merenovasi Pasar Impres Padang Baru Kecamatan Lubuk Basung, Pasar Serikat Baso Kecamatan Baso dan Pasar Ulu Banda Kecamatan Malalak dengan dana sekitar Rp2 miliar.
    Saat ini, jumlah pasar tradisional dan serikat di Kabupaten Agam sebanyak 41 unit.
    “Kita berusaha untuk renovasi pasar secara bertahap melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar dan APBN,” katanya.
    Salah seorang warga Balai Selasa, Amri Buya (41), menyambut baik renovasi pasar yang akan dilakukan pemerintah, sehingga pasar ini bersih dan tertata dengan baik.
    “Dengan kondisi ini, maka pengunjung akan menjadi nyaman berada di pasar,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com