• Pemerintah Kotawaringin Timur Siapkan 403 POS PIN

    0

    Sampit,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyiapkan sedikitnya 403 Pos PIN polio yang tersebar di 17 kecamatan di daerah tersebut.
    “Pelayanan vaksin polio akan berlangsung sejak 8-15 Maret 2016 dengan sasaran 43.508 bayi dan balita usia 0-59 bulan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Selasa.
    Dari 43.508 bayi dan balita yang menjadi asaran pemberian vaksin polio tersebut 30 persen diantaranya berada di wilayah kecamatan dalam kota, yakni Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang.
    Sedangkan sisanya, yakni sebesar 70 persen diantaranya berada di wilayah kecamatan luar Kota Sampit.
    Pelayanan vaksin polio akan dilakukan secara serentak di 403 Pos PIN, baik yang ada di wilayah kecamatan dalam kota maupun pedalaman hingga 15 Maret 2016 nanti.
    Faisal mengatakan, untuk logistik kebutuhan vaksin polio telah didistribusikan ke seluruh Pos PIN.
    Anak usia 0-59 bulan harus dipastikan diberikan imunisasi tambahan berupa vaksin polio untuk penguatan kekebalan dan perlindungan yang optimal terhadap anak.
    Faisal mengungkapkan, pelayalanan vaksin polio secara serentak dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, selain itu  juga untuk melaksanakan kesepakan global eradikasi polio harus selesai pada 2020.
    “Dalam lima tahun terakhir capaian vaksin polio di Kotawaringin Timur rata-rata mencapai 98,3 persen,” katanya.
    Belum mencapainya angka 100 persen vaksin polio di Kotawaringin Timur karena masih adanya masyarakat yang beranggapan jika anaknya di vaksin akan sakit deman.
    Alasan lain karena mereka sibuk, dan tempat pemberian vaksin yang jauh dari rumah.
    “Kita akan terus berupaya memberikan pemahan terhadap masyarakat akan pentingnya vaksin polio ini, dan juga memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat agar anaknya bisa mendapatkan vaksin polio,” ungkapnya.
    Sementara itu, Buapti Kotawaringin Timur Supian Hadi mengungkapkan akan terus memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.
    “Kita akan berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat terutama pelayanan kesehatan anak,” ucapnya.
    Supian Hadi berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin polio terhadap anak usia 0-59 bulan, sebab jika anak tidak diberikan vaksin polio maka akan rentan menderita kelumpuhan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com