• Pemadam Listrik Ancam Kelancaran Pelaksanaan UNBK

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Pemadaman listrik PLN yang sering terjadi di Maluku Utara menjadi ancaman bagi kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA maupun sederajat di daerah ini pada 4 – 7 April 2016.
    “Di Maluku Utara telah dilakukan berbagai persiapan di 17 SMA maupun sederajat yang menggelar UNBK, tetapi yang masih menjadi ancaman adalah pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK,” kata Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) setempat, Abdul Akib Huteru,  di Ternate, Sabtu.
    17 SMA yang akan menggelar UNBK pada 2016 ini tersebar Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan. Hanya saja, empat kabupaten terakhir sering terjadi pamadaman listrik bergilir.
    Abdul mengemukakan, Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten/kota yang ada sekolahnya menggelar UNBK telah melakukan langkah antisipasi dengan cara menyurat ke PLN setempat agar tidak melakukan pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK.
    Selain itu, setiap sekolah yang menyelenggarakan UNBK telah  melakukan antisipasi dengan menyiapkan mesin genset dan perangkat komputer dilengkapi fasilitas penyimpanan strum listrik.
    Ia mengatakan, penyediaan mesin genset untuk mengantisipasi terjadi pemadaman listrik tersebut, termasuk komputer dan berbagai fasilitas lainnya yang terkait dengan pelaksanaan UNBK, semuanya ditanggung oleh sekolah setempat karena Diknas sejak awal  melarang sekolah untuk membebankannya kepada siswa.
    Oleh karena

    itu, kalau ada informasi bahwa sekolah yang menyelenggarakan UNBK tersebut menarik pungutan dari siswa untuk penyediaan komputer atau fasilitas pendukung lainnya adalah tidak benar.
    Menyinggung kemungkinan terjadinya kebocoran soal UNBK mengingat pendistribusian ujian dari pusat ke setiap sekolah melalui operator dan kemudian membaginya ke masing-masing komputer, ia menjelaskan, hal itu kecil kemungkinan terjadi karena semuanya diproteksi melalui sebuah sistem yang dikontrol langsung dari pusat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com