• Pelayanan Nasabah Perbankan Bali Membeludak Jelang Nyepi

    0

         Denpasar, jurnalsumatra.com – Pelayanan kepada nasabah di sejumlah bank umum di Denpasar, Bali, membeludak mengingat perbankan di daerah setempat akan tutup selama tiga hari menghormati Hari Raya Nyepi, 9 Maret 2016.
    Di Bank Pembangunan Daerah Bali, di Renon Denpasar, Senin, ratusan nasabah silih berganti mendatangi bank pemerintah daerah itu sejak bank tersebut dibuka pukul 08.00 Wita,
    Selain itu di kantor bank umum lainnya seperti BRI dan BNI yang keduanya berlokasi di Renon Denpasar juga dipadati antrean nasabah yang ingin melakukan proses penyetoran maupun penarikan uang serta keperluan pelayanan nasabah lainnya.

         “Kebetulan saya ada upacara rangkaian Nyepi dan besok (Selasa) bank sudah tutup, makanya agak pagi saya ke bank biar tidak antre lebih lama,” kata seorang nasabah, Mahartini.
    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dewi Setyowati meminta kepada perbankan di daerah setempat untuk tetap melayani nasabah dengan baik meskipun kunjungan nasabah membeludak.
    “Sampai nasabah terakhir harus dilayani,” katanya.
    Menurut dia, masing-masing perbankan memiliki aturan dan jam kerja sehingga diharapkan mereka tetap melayani nasabah seperti biasa.

         Terkait penutupan operasional bank selama tiga hari itu, pihaknya telah melaporkan kepada kantor pusat termasuk untuk beberapa aktivitas perbankan lain seperti “real time gross settlement” atau rtgs yang merupakan sistem transfer dana elektronik dengan penyelesaian setiap transaksinya dilakukan dalam waktu seketika dan kliring.
    “Untuk pelaksanaan RTGS dan kliring bagi bank berkantor pusat (Jakarta) kami sudah laporkan ke kantor pusat,” imbuhnya.
    Kecuali, lanjut Dewi, BPD Bali dan Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) yang berkantor pusat di Pulau Dewata.
    Bank sentral tersebut telah menyampaikan edaran terkait libur tiga hari mulai Selasa (8/3) hingga Kamis (10/3) kepada pimpinan bank umum di Pulau Dewata pada 25 Januari 2016.
    Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/5562/BKD pada 1 Oktober 2015 terkait libur nasional, cuti bersama dan dispensasi hari raya suci Hindu di Bali tahun 2016.
    Untuk itu, BI meminta bank umum di Bali memastikan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) berfungsi dengan baik dan ketersediaan dana di ATM terjaga dan mencukupi sebelum dan setelah Nyepi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com