• Ogan Komering Ulu Tambah Dua Posko Kebakaran

    0

        Baturaja, jurnalsumatra.com – Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menambah dua unit posko petugas penanggulangan musibah kebakaran sejalan dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo agar setiap kecamatan memiliki mobil pemadam kebakaran.
    Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Ogan Komering Ulu (OKU), Aminilson saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya di Baturaja, Rabu, menjelaskan penambahan posko itu di Kecamatan Lubuk Batang dan Semidang Aji.
    Ia mengatakan sebelum ada instruksi Mendagri beberapa waktu lalu, Ogan Komering Ulu telah lebih dulu melaksanakan penempatan posko pemadam kebakaran di kecamatan-kecamatan dan sekarang hanya menambah dua posko lagi sehingga bisa cepat menanggulangi bencana kebakaran.
    Saat ini Kabupaten Ogan Komering Ulu sudah memiliki lima posko pemadam kebakaran  yakni di Kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan, Lubuk Raja, Lengkiti, dan Peninjauan sehingga akan berjumlah tujuh tempat petugas pemadam kebakaran.
    “Saat ini kami sedang membeli mobil pemadam kebakaran dua unit untuk ditempatkan di posko yang baru tersebut,” katanya.
    Khusus pembelian satu unit mobil pemadam bersumber dari dana APBD 2016, akan ditempatkan di posko Semidang Aji, namun pembelian terdapat kendala teknis hingga harus tertunda.
    “Mudah-mudahan dalam waktu dekat pembelian mobil pemadam kebakaran itu bisa direalisasikan,” ujarnya.
    Sementara untuk masalah sumber daya manusia di Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran setempat, Aminilson mengatakan, telah mempersiapkan anggota di setiap posko.
    “Setiap posko kita mensiagakan tujuh orang untuk satu regu terdiri atas satu orang komandan regu, satu sopir dan lima orang anggota,” jelasnya.
    Kantor Penanggulangan Bahaya Kebakaran Ogan Komering Ulu sampai saat ini sudah memiliki 13 unit mobil pemadam kebakaran terdiri atas 10 unit mobil tembak, dan tiga  mobil tanki.
    “Ke 13 mobil pemadam kebakaran tersebut disiagakan di setiap posko kecamatan dan posko pusat,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com