• Menteri ESDM Sebut Sumsel Miliki Potensi SDA Melimpah

    0
    Menteri ESDM Sebut Sumsel Miliki Potensi SDA Melimpah

    Menteri ESDM Sebut Sumsel Miliki Potensi SDA Melimpah

    SUMSEL, jurnalsumatra.com  – Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu provinsi dengan sumber daya alam yang melimpah, bahkan di bidang energi dan pertambangan. Sebab itu, bukan hal baru bila Sumsel disebut-sebut sangat pantas menyandang predikat surplus energi listrik karena kekayaan sumber daya alamnya.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, memang kekayaan SDA di Sumsel sangat besar karena banyaknya potensi yang menyebar di seluruh daerah di Sumsel. Terutama dalam hal kelistrikan, Sumsel menjadi salah satu penyokong besar dalam memberikan energinya hingga menerangi berbagai daerah disekitarnya.

    “Pembangkit listrik di Sumsel cukup banyak, baik pembangkit dengan tenaga uap, air, gas dan sebagainya. Kini kita baru saja proses kontrak untuk pembangunan pembangkit Sumsel 9 dan Sumsel 10,” ujar Sudirman Said, disela kunjungannya di Kota Prabumulih, Senin (20/3).

    Ia mengungkapkan, pembangunan pembangkit Sumsel 9 dan Sumsel 10 itu merupakan proyek besar dengan kapasitas yang dihasilkan mencapai 650 MW (mega watt). Sinergis dengan program Presiden RI Joko Widodo yang ingin membangun sebanyak 35.000 MW.

    “Dengan dibangunnya dua pembangkit ini maka Sumsel akan mengirim energinya untuk menerangi Pulau Jawa melalui transmisi HVDC,” jelas Sudirman.

    Ia mengakui, sebagai provinsi yang surpus energi, saat ini saja Sumsel sudah mampu menerangi Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Barat, Sumatera Bagian Tengah dan sebagainya. Untuk itu, Presiden Jokowi telah mengintruksikan agar PLN dapat konsentrasi dalam mengembangkan transmisi dan membangun gardu induk di Sumsel dan daerah lainnya.

    “Tak hanya dengan membangun pembangkit yang ada, kita juga ingin mengembangkan potensi membangun pembangkit dari energi matahari, organik, energi terbarukan lainnya. Jadi pembangkit di Sumsel dapat dikirim ke Jawa melalui kabel laut berkekuatan tinggi,” terang Sudirman.

    Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, potensi SDA Sumsel sudah tak diragukan dimiliki Sumsel karenanya Sumsel sangat bangga disebut sebagai daerah dengan surplus energi listrik.

    “Kita mendorong pembangunan pembangkit yang dilakukan negara ataupun pihak swasta. Sumsel sudah miliki cukup banyak pembangkit, dan akan terus kita upayakan lebih banyak. Sehingga Sumsel bukan hanya menerangi Pulau Sumatera namun juga hingga ke Pulau Jawa,” tandasnya.(relis humas pemprov sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com