• Maret 2016, YLKI Terima 26 Kasus Aduan

    0
    Maret 2016, YLKI Terima 26 Kasus Aduan

    Maret 2016, YLKI Terima 26 Kasus Aduan

    Lahat, jurnalsumatra.com – Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Kabupaten Lahat, Sanderson Syafei ST menegaskan, hingga awal Maret 2016, setidaknya tercatat 26 kasus pegaduan dari masyarakat, dimana, mayoritas berasal dari leasing kendaraan dua dan empat.

    “Dikarenakan banyaknya pengaduan tersebut, kita mendirikan posko bulan pegaduan konsumen yang memang tidak nyaman dengan tindakan debt collector leasing (penagih, red), sama sekali tidak dipungut biaya seperserpun,” tuturnya.

    Menurut Sanderson, dari 26 kasus aduan tersebut, setidaknya hampir secara keseluruhan dapat diatasi, sehingga konsumen yang memang kesulitan membayar angsuran bulannya terbantukan, begitu pula trik-trik dalam menghadapi juru tagih.

    “Yang mana intinya, posko bulan pegaduan konsumen ini, akan dilaksanakan hingga 50 hari kedepan, kita sifatnya mobile, dalam artian, tidak hanya berada di Kota Lahat semata, terus bergerak ke kecamatan lainnya dalam membantu masyarakat sekaligus memberikan solusi tepat,” ucapnya lugas.

    Ia menjelaskan, trik yang dimaksud ketika berhadapan dengan debt collector, sapa dengan santun dan minta mereka menunjukan kartu identitas serta surat tugas, jika para penagih utang bersikap santun, jelaskan bahwa anda belum bisa membayar dikarenakan kondisi keuangan.

    “Berikutnya, jika para penagih utang mulai berdebat meneror, persilakan mereka keluar dari rumah anda, apabila berusaha merampas barang cicilan anda, tolak dan pertahankan barang tetap di tangan,” tambahnya lagi.

    Lebih jauh dikatakan Sanderson, jikalau para penagih utang tersebut akhirnya merampas barang anda, maka, sesegara mungkin mendatangi kantor YLKI setempat, paling penting, jangan titipkan mobil atau barang jaminan lain ke pada polisi serta oknum polisi menjadi beking, catat nama atau foto laporkan kepada propam Polres Lahat.

    “Jangan serahkan atau titipkan motor maupun mobil kredit, apalagi elektronik kepada leasing jika terjadi kredit macet, apabila penagih tetap bersikeras, telepon ke 085267579999. YLKI siap membantu anda memecahkan permasalahan yang ada,” janjinya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com