• Lima Puskesmas Targetkan Terakreditasi

    0
    Lima Puskesmas Targetkan Terakreditasi

    Lima Puskesmas Targetkan Terakreditasi

    Lahat, jurnalsumatra.com – Guna untuk mewujudkan pelayanan kesehatan secara optimal di tengah-tengah masyarakat bukan isapan jempol belaka, hal ini, diperlihatkan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat berkomitmen dalam memenuhi hal tersebut mesti melengkapi sarana, prasarana sumber daya manusia (SDM), oleh sebab itu, pada 2016 ini, setidaknya ada lima puskesmas diantaranya, Bandar Jaya, Kota Agung, Merapi II, Tanjung Sakti Pumi dan Jarai menjadi target guna merealisasikannya.

    Hal tersebut, ditegaskan, Kadinkes Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, menurutnya, secara bertahap di 2017, 2018 dan 2019 akan bertambah sebanyak enam puskesmas yang akan dipersiapkan menuju akreditasi.

    “Untuk itulah, kita juga telah membekali setidaknya sembilan tenaga pengajar. Nantinya berturut-turut memberikan pengetahuannya, sekaligus memenuhi kebutuhan di puskesmas,” ujarnya, Rabu (23/3), kemarin.

    Nah, sambungnya, sasaran dari sertifikasi akreditasi puskesmas ini terwujudnya satu kecamatan ada satu puskesmas memenuhi standar dimaksud diatas.

    “Seperti, peralatan medis, tenaga medis, infrastuktur dan lain sebagainya, pendek kata, masyarakat tidak perlu lagi berobat ke rumah sakit (RS), dimana, semuanya telah dipenuhi,” ungkap Rasyidi lagi.

    Sementara itu, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Asisten IV, Drs H Iskandar Msi menyebutkan, untuk mempersiapkan puskesmas siap bersaing maka melalui program ini adalah serangkaian dalam memfasilitasi sekaligus tim pendamping akreditasi yang sudah dilatih.

    “Peluang perebuatan kepesertaan BPJS di Kabupaten Lahat cukup besar dimana, pada 2015 saja suda terdaftar ada 47 unit (33 puskesmas dan 14 unit pelayanan faskes mandiri),” urainya.

    Artinya, menurut Iskandar, jika pelayanan puskesmas tidak dipilih oleh masyarakat tidak mendapatkan pendapatan pembayaran dari kepesertaan BPJS. Oleh sebab itu, diminta kepada semua puskesmas untuk mempersiapkan diri agar bersaing dengan pelayanan bermutu.

    “Peran penting untuk proses akreditasi dan seluruh puskesmas untuk siap bekerja semaksimal mungkin, sehingga target minimal satu kecamatan dengan satu puskesmas terakreditasi di 2019 tercapai,” harap Iskandar. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com