• Lahat Masuk Nominasi Trofi APN 2016

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Kabupaten Lahat salah satu dari tiga nominasi trofi Anugerah Pangripta Nusantara 2016 masuk dalam nominasi, selain dari, Kota Pagaralam dan Kabupaten Musi Rawas (Mura).

    Penilaian itu sendiri, saat ini telah memasuki babak kedua atau terakhir, sebelum diputuskan siapa mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke tingkat Nasional.

    Penilaian ini sendiri diketuai Asisten 1 Bidang Ketataprajaan mewakili Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE, dihadiri juga, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Herliansyah SH MH, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Drs Masroni, lima kepala bidang (kabid), kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Camat, Lurah maupun kepala desa (kades).

    Sedangkan untuk tim penilai sekaligus penguji trofi penghargaan APN Provinsi Sumsel sendiri diketuai, Prof DR H Didik S dan rekan-rekan, guna memverifikasi data-data seputar pembangunan disegala aspek mulai dari kebudayaan, pariwisata, infrastuktur, ekonomi, sosial budaya, keamanan hingga kearifan lokal.

    Asisten 1, Ramsi SIP MM didampingi Kepala Bappeda Lahat, Drs Masroni mengungkapkan, bahwasanya suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri, dimana, Kabupaten Lahat masuk nominasi penilaian APN 2016.

    “Kalau tahun sebelumnya, Lahat berada di posisi kedua, mudah-mudahan dari hasil paparan, presentasi maupun tanya jawab, mampu memberikan kontribusi positif yakni, juara pertama,” tuturnya.

    Sedangkan untuk Kabupaten Lahat sendiri, menurutnya, telah banyak pembangunan segala sektor dilaksanakan maupun sedang dikerjakan, sehingga mampu menopang perekonomian kerakyatan secara hakiki.

    “Semua ini, tidak lepas dari semua lapisan masyarakat, instansi pemerintah dan DPRD sangat diperlukan dalam menyusun anggaran untuk dialokasikan dalam wujud program di lapangan, termasuk juga pengawasan dan pemantuan dari mitra kerja seperti LSM dan Jurnalis yang selama ini banyak memberikan informasi dalam menongkrak Pemerintah,”ungkap Ramsi.

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat, Herliansyah SH MH menuturkan, hal serupa, pembangunan di Bumi Seganti Setungguan berjalan sesuai ketentuan dan anggaran yang telah digelontorkan dimasing-masing SKPD.

    “Insya Allah, dan mudah-mudahan apa yang disampaikan oleh setiap SKPD memberikan nilai maksimal dan memenangkan trofi penghargaan APN,” kata Herliansyah.

    Sementara itu, Tim penilai sekaligus penguji APN Provinsi Sumsel, Prof DR Didik S menjelaskan, bahwasanya mekanisme program ini mulai dari proses hingga pelaksanaannya dalam penilaian APN 2016. Dimana, pada 2015, disediakan enam penghargaan, sekarang di 2016, provinsi sembilan trophy sedangkan kabupaten/kota enam penghargaan.

    “Dimana, dokumen agar diperbaiki sehingga dapat bersaing dengan daerah lainnya, setidaknya Kabupaten Lahat dapat meraih salah satu dari enam trofi penghargaan diraih. Nilai dapat meningkat, dan masuk nominasi di nasional. Tim penilai, tahap pertama bobot nilai sebesar 40 persen, dimana, Lahat peringkat ke dua, pertama Pagaralam dan ketiga Mura, kini masuk tahap kedua yakni, verifikasi dan wawancara dengan bobot 60 persen, tentunya akan kita lihat siapa keluar selaku pemenang,” ucap Prof DR Didik S, kemarin. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com