• Lahat Akan Tangkap Hewan Berkeliaran, Pemiliknya Dikenakan Sanksi

    0
    Lahat Akan Tangkap Hewan Berkeliaran, Pemiliknya Dikenakan Sanksi

    Lahat Akan Tangkap Hewan Berkeliaran, Pemiliknya Dikenakan Sanksi

    Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Abi Syammora SH MT menjelaskan, banyaknya hewan ternak kaki empat yang berkeliaran dijalan-jalan umum hal ini disebabkan, kurangnya lahan bagi pemilik hewan ternak untuk membuat kandang, sehingga mereka dibiarkan saja berada dijalanan.

    “Oleh sebab itu, bagi peternak yang membiarkan hewan miliknya berada di jalanan, tanpa memperhatikan keselamatan pengguna jalan, akan kita kenakan sanksi bagi pemilik,” kata Abi dengan tegas.

    Sanksi yang bakan diberikan kepada pemilik, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 15/2004 tentang pemeliharaan hewan ternak ini harus dikandangkan, selain membahayakan bagi pengguna kendaraan baik itu roda dua maupun empat ketika melintas.

    “Semunya sudah diatur dalam Perda, dimana, memang hewan ternak dilarang berkeliaran, kalau tidak ditangkap dan dikandangkan sembari pemiliknya kita panggil dan diberikan pembinaan,” janji Abi.

    Menurutnya, hewan ternak yang berkeliaran tersebut tentunya disamping membahayakan kendaraan bermotor, mereka juga kerapkali dijumpai sedang memakan tanaman rumah.

    “Untuk itu, kita akan lakukan pendekatan secara persuasif dengan melalui sosialisasi melalui camat maupun perangkat desa. Tetap diberikan sanksi berupa penangkapan dan dipanggil pemilik hewan ternak,” pungkas Abi. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com