• Krisis Listrik Kaltara Dibahas Musrenbang Se-Kalimantan

    0

        Nunukan, jurnalsumatra.com – Krisis listrik yang dialami warga di Provinsi Kalimantan Utara selama ini dibahas secara serius pada musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) regional se- Kalimantan.
    Pada musrenbang tersebut, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie melalui siaran persnya, Senin menyatakan, masalah listrik paling krusial di wilayahnya khsususnya di Kota Tarakan sehingga membutuhkan solusi dan perhatian dari pemerintah pusat.
    Ia mengajak pemerintah provinsi se-Kalimantan agar pada musrenbang berikutnya dapat dihadirkan Dirut PT PLN untuk membicarakan persoalan listrik yang masih menjadi masalah serius di pulau itu.
    “Pada musrenbang tahun berikutnya, kita harus bisa menghadirkan Direktur PT PLN (Persero) agar dapat berdialog mengenai persoalan listrik di Pulau Kalimantan,” harap Irianto Lambrie seraya mengungkapkan banyak pembangkit listrik yang dibangun PT PLN di wilayah terbengkalai.
    Irianto Lambrie mengatakan, jika PT PLN tidak mampu lagi mengoperasikan pembangkit yang terbengkalai tersebut maka sebaiknya dihibahkan saja pemerintah provinsi untuk dikelola guna mengurangi krisis listrik di Provinsi Kaltara.
    Menyinggung pembangunan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Desa Gunung Seriang Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, dia menegaskan, tidak ada progres yang jelas bahkan tidak ada lagi kegiatan pekerjaan saat ini.
    Padahal, Irianto Lambrie menyatakan, PLTU dengan kapasitas 2X7 mega watt (MW) yang dikerjakan PT Adhi Karya salah satu BUMN menelan biaya sebesar puluhan miliar rupiah yang berasal dari APBN 2011.
    Gubernur Kaltara ini memperhatikan untuk sementara pembangunannya berakhir pada pendirian konstruksi rangka baja yang belum dilanjutkan hingga saat ini menyebabkan bangunan tersebut terbengkalai.
    Sehubungan dengan PLTU Gunung Seriang, dia berupaya bertemu Dirut PT PLN (Persero), Sofyan Basir membicarakan masalah tersebut yang menyebabkan pembangunannya tidak dilanjutkan. “Kami mau tahu apa permasalahannya” tegas Irianto Lambrie.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com