• KPPU Awasi Usaha di Sumsel

    0
    IMG-20160311-WA0000

    Muhamad reza humas KPPU Sumsel

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – KPPU akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Sumsel sebagai bentuk kerja sama untuk penanganan dan pencegahan persaingan usaha yang tidak sehat.

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha tengah meningkatkan pengawasan usaha yang ada di Sumatra Selatan banyak sektor yang menjadi usaha andalan di khusunya di wilayah Provinsi Sumsel.

    Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Mohammad Reza mengatakan, pihaknya cukup intens memantau praktik usaha industri yang ada di wilayah Provinsi Sumsel antara lain sawit di Sumsel saat ini.

    “Kalau di Sumsel kami sedang melihat usaha sawit selain usaha day old chick (DOC) yang sudah jadi perkara nasional. Masalahnya bisa macam-macam mulai dari pola kemitraan hingga industrinya,” katanya di Palembang.

    Pihaknya akan melihat pola kemitraan antara perusahaan dan petani kelapa sawit apakah tergolong sehat atau tidak.Selain itu KPPU juga akan mengawasi kebijakan yang dibentuk pemerintah daerah yang mengatur usaha sawit.

    “Nanti kita akan investigasi terlebih dahulu kalau ada persaingan yang tidak sehat merupakan dampak dari pemda maka kami akan menyarankan pemda untuk mempertimbangkan kembali kebijakannya.”jelasnya

    Akan tetapi jika praktik tersebut bukan dampak dari sebuah regulasi maka pihaknya akan membawa penanganan ke ranah hukum.

    “Kami punya contoh di daerah Timur yang mana ada praktik usaha pengolahan rumput laut yang tidak sehat karena hasil regulasi pemdanya, kami ingin lihat apakah di Sumsel ada yang seperti itu.”

    Oleh karena itu KPPU akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Sumsel sebagai bentuk kerja sama untuk penanganan dan pencegahan persaingan usaha yang tidak sehat.

    Pemda harus memiliki kesadaran apakah regulasi yang dibuatnya mendukung persaingan atau sebaliknya.

    “Kami punya competition check list untuk pembuat regulasi untuk menguji apakah regulasi itu sudah pro persaingan atau belum.”

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com