• Kota Baubau Rampungkan Kesiapan MTQ Sultra

    0

           Baubau, jurnalsumatra.com – Kota Baubau sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara berupaya merampungkan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan berlangsung  19-31 Maret 2016.
    “Saat ini kesiapannya sudah mencapai 90 persen lebih, baik lokasi lomba maupun penginapan untuk para kafilah. Semoga sesuai jadwal sebelum hari “H” pelaksanaan seluruhnya sudah rampung,” ujar Sekretaris Pelaksana MTQ, Hj Asmahani di Baubau, Selasa.
    Kabag Kesra Setda Pemkot Baubau itu  mengatakan, selain hotel dan losmen, pihaknya juga telah menyiapkan rumah warga untuk penginapan para kafilah, namun rumah warga akan ditempati para kafilah dari kabupaten/kota se-Sultra merupakan kediaman warga yang tidak jauh dari lokasi kegiatan.
    “Selain penginapan itu, kami juga menyiapkan rumah susun sederhana (Rusunawa) yang terletak di Kota Mara Kelurahan Kaobula Kecamatan Murhum. Dan rusunawa tersebut digunakan untuk kontingen Kota Kendari dan Kabupaten Buton Utara,” katanya.

           Menurutnya, dalam pawai taaruf yang diiringi pawai kendaraan hias pada pembukaan itu akan mengambil star dari stadion Betoambari dan finish di rumah jabatan Walikota Baubau, sehingga tamu dari kabupaten/kota akan hadir di Kota Baubau paling lambat 17 Maret, karena para tamu juga mengikuti pembukaan pawai taaruf MTQ.
    Namun hingga saat ini dari 17 kabupaten/kota yang akan mengikuti kegiatan religius itu, kontingen Kabupaten Kolaka belum memberikan informasi, namun pihakya sudah menerima informasi          Bupati Kolaka dan Wakil Bupati Kolaka bersama pimpinan DPRD-nya serta Sekda-nya akan hadir pada pembukaan MTQ itu.

           “Kalau jumlah dewan juri digabung dengan tim pengarah berjumlah sekitar 170-an orang. Dan seluruhnya sudah siap memberikan penilaian dalam lomba MTQ itu,” katanya.
    Adapun kegiatan lomba yang dipertandingkan diantaranya,lomba Hifdzil Quran golongan 1 juz dan Tilawah, lomba Hifdzil Quran golongan 5 juz dan Tilawah, lomba Hifdzil Quran golongan 10 juz, lomba Hifdzil Quran golongan 20 juz, lomba Hifdzil Quran golongan 30 juz.
    Musabaqah Makallah Alquran, dan lomba Fahmil Quran,lomba Syarhil Quran Selain itu, lomba tafsir Alquran golongan bahasa arab,bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, lomba tilawah golongan remaja, lomba tilawah golongan cacat netra, lomba Khattil Quran.
    Lomba Tartil kanak-kanak, lomba tilawah golongan kanak-kanak,lomba tilawah golongan dewasa.
    Kemudian, lomba Qiraat Murattal, lomba Qiraat Mujawad, lomba qasidah klasik golongan kanak-kanak,remaja dan dewasa, serta lomba qasidah bintang vokalis golongan kanak-kanak,remaja dan dewasa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com