• Kodam Pattimura Tanam 1.500 Anakan Cendana

    0

    Tiakur, Maluku jurnalsumatra.com – Kodam XVI/Pattimura akan melakukan aksi penanaman 1.500 anakan pohon cendana di sejumlah pulau yang merupakan wilayah perbatasan di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
    “Bibitnya didatangkan dari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan saat ini sudah siap dilakukan penanaman oleh Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo,” kata Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1507 Saumlaki, Mayor (Inf) Musa di Tiakur, Kabupaten MBD, Sabtu.
    Kodim 1507 Saumlaki terletak di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan wilayah kerjanya mencakup wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste.
    Menurut Mayor Musa, penanaman ribuan anakan pohon cendana ini merupakan program “Emas Hijau” Pangdam Pattimura yang sangat bermanfaat bagi penghijauan dan pelestarian hutan serta dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.
    “Kayu cendana memiliki nilai ekonomi yang cukup bagus di pasaran sehingga saat panen nanti, masyarakat dapat menjualnya ke luar daerah,” katanya.
    Selain melakukan aksi penanaman pohon cendana, Kodam Pattimura juga akan membangun enam tower atau menara Merah Putih di Pulau Kisar dan Pulau Wetar.
    “Kalau menara yang di Pulau Kisar itu memang sudah ada, dan sisanya akan dibangun di Desa Ilwaki, Lirang, serta Arwali,” kata Mayor Musa yang juga merupakan Dandim penugasan di wilayah MBD.
    “Menara tersebut akan berfungsi sebagai tower komunikasi dalam membuka keterisolasian wilayah di daerah perbatasan,”tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com