• Kendari Usul Raperda Pembentukan Kecamatan Nambo

    0

        Kendari, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusulkan rancangan peraturan daerah (raperda) untuk pembentukan Kecamatan Nambo sebagai pemekaran Kecamatan Abeli.
    Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Kamis mengatakan  raperda di telah memperhatikan kondisi geografis, jumlah penduduk, aspirasi yang berkembang di masyarakat.
    “Di wilayahnya (cukup luas, kemudian kelurahannya terlalu banyak sehingga perlu di mekarkan sehingga pelayanan terhadap masyarakat lebih cepat,” kata Asrun.
    Selain itu, kata Asrun, jika diliat dari sisi perkembangan Kota Kendari, wilayah Nambo dan sekitarnya menjadi salah satu wilayah yang ke depannya menjadi kawasan industri mengingat di wilayah tersebut terdapat pelabuhan peti kemas Bungkutoko dan pusat penelitian dan rekreasi hutan mangrove.
    Menurut Wali Kota Kendari, pembentukan Kecamatan Nambo nantinya dapat mempercepat akses masyarakat, mengingat wilayah Kecamatan Abeli cukup luas, sehingga sangat perlu dilakukan pemekaran dengan membentuk kecamatan baru.
    Disamping itu, sekitar hampir sembilan tahun Kota Kendari belum pernah menambah wilayah baik itu kecamatan maupun kelurahan, sehingga bila dimungkinkan tahun ini bisa menambah satu wilayah kecamatan lagi sehingga jumlah kecamatan menjadi 11 kecamatan.
    Walaupun, kata Wali Kota dua periode itu, pengajuan raperda tentang pemekaran Kecamatan Nambo belum bisa dikategorikan sebagai prioritas sebab masih akan dibahas di DPRD Kota untuk nantinya di putuskan apakah nantinya akan menjadi prioritas.
    Kecamatan Nambo meliputi kelurahan Tobimeita, Petoaha, Nambo, Bungkutoko, Sambuli dan Tondonggeu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com