• Kejati Tahan Mantan Kepala BPR Sarimadu

    0

        Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau menahan mantan kepala Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu Kabupaten Kampar HM Hafas atas dugaan kasus korupsi kredit fiktif senilai Rp3,9 miliar.
    Hafaz ditahan setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Pidana Khusus Kejati Riau, Kota Pekanbaru, Rabu.
    “Kita lakukan penahanan karena selama ini yang bersangkutan tidak kooperatif,” kata Kepala Seksi Penuntutan Pidana Khusus Kejati Riaun Rahmad Lubis.
    Sebelum dilakukan penahanan, yang bersangkutan beberapa kali mangkir dari pemeriksaan. Dari catatan diketahui setidaknya dua kali yang bersangkutan mangkir dari panggilan penyidik.
    Hafas langsung dijebloskan ke rumah tahanan Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru.
    Sebelumnya, HM Hafas yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini, sempat melakukan sejumlah upaya hukum. Di antaranya adalah Praperadilan terhadap penetapannya sebagai tersangka. Namun Praperadilan tersebut ditolak.

        Dalam kasus ini, HM Hafaz diduga telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,9 Miliar dari penerbitan kredit fiktif pada BPR Sarimadu yang dipimpinnya sebagai Direktur.
    Usai melakukan penahanan, penyidik akan melengkapi berkas perkaranya, untuk selanjutnya diproses ke tahap II, atau penyerahan tersangka dan berkas ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).
    “Akan kita selesaikan proses penyidikan, setelah itu baru dilakukan tahap II,” lanjut Rahmad.
    Hafaz ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor Print-05/N.4/Fd.1/05/2014, tanggal 19 Mei 2014 lalu. Mantan Direktur PD BPR Sarimadu tersebut ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi kredit fiktif di BPR Sarimadu, Kabupaten Kampar tahun 2009 hingga 2012.
    Perbuatan tersangka saat menjabat Direktur terjadi pada bulan September 2009 hingga 2010. Tersangka diduga mengajukan kredit fiktif mengatasnamakan 17 orang tanpa dilakukan analisis.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com