• Karang Taruna Kotawaringin Timur Gali Potensi Desa

    0

         Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Kader Karang Taruna di seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diminta mendata potensi ekonomi di wilayah masing-masing untuk dimaksimalkan guna membantu masyarakat.
    “Warga Karang Taruna lebih tahu, apa saja potensi ekonomi di desa masing-masing. Itu yang kemudian didata dan diusulkan pengembangannya untuk membantu masyarakat. Nanti kami pengurus Karang Taruna di kabupaten yang membantu meyakinkan dinas terkait untuk membantu menyetujui usulan itu,” kata Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur, Abdul Hafid di Sampit, Sabtu.

         Karang Taruna di tingkat kabupaten sudah menjadwalkan rapat konsolidasi pelaksanaan program di kecamatan-kecamatan. Pekan depan, rapat rencananya dilaksanakan di Kecamatan Cempaga Hulu bersama Karang Taruna setempat.
    Rapat itu menjadi kesempatan bagi pengurus Karang Taruna kecamatan untuk menjaring usulan dari masyarakat desa yang disampaikan melalui Karang Taruna desa dan kelurahan. Usulan-usulan itu bisa di tampung dan difasilitasi untuk diusulkan kepada pemerintah daerah dalam membantu pengembangan ekonomi masyarakat desa, khususnya para pemuda desa.
    Selama ini cara tersebut cukup efektif dan mendapat respons bagus dari pemerintah daerah. Berbagai bantuan seperti telah dikabulkan pemerintah daerah, seperti peralatan hiburan, handtractor, dan lainnya untuk membantu membuka serta mengembangkan perekonomian masyarakat desa.

         Dalam berbagai kegiatan di kecamatan, Karang Taruna melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Peternakan, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan serta para praktisi usaha kecil dan menengah. Pelibatan pihak lain ini untuk memberi pencerahan dan motivasi kepada masyarakat, khususnya warga Karang Taruna untuk memaksimalkan potensi yang ada di desa mereka.
    “Tiap desa memiliki potensi masing-masing. Makanya pendataan itu penting sehingga kita juga bisa membantu dengan program yang tepat sesuai kondisi desa masing-masing. Karang Taruna terus mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat kita di desa-desa,” sambung Hafid.

         Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kotawaringin Timur, Suhartono Firdaus, mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan warga Karang Taruna untuk membantu masyarakat desa. Selain pengembangan ekonomi, warga Karang Taruna juga bisa membantu pemerintah daerah dalam hal penanggulangan masalah sosial.
    “Misalnya dengan mendata para difabel (penyandang keterbatasan fisik atau mental) di desa masing-masing, kemudian disampaikan kepada pemerintah daerah supaya mendapat bantuan. Ini kontribusi nyata kita di Karang Taruna untuk masyarakat,” kata Suhartono atau akrab disapa Joko.
    Karang Taruna mempunyai peran strategis untuk membantu masyarakat karena keberadaannya secara jelas diakui dan diberi peran oleh pemerintah. Kini tinggal komitmen seluruh warga Karang Taruna di Kotawaringin Timur untuk meningkatkan peran serta dalam berbagai bidang untuk membantu peningkatan taraf hidup masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com