• Jaksa Belum Limpahkan Berkas Korupsi Diknas MTB

    0

         Ambon, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Negeri Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, belum melimpahkan berkas perkara korupsi anggaran pembangunan gedung pertemuan Dinas Pendidikan Nasional setempat ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ambon karena masih menunggu audit investigasi BPKP Perwakilan Maluku.
    “Berkasnya sudah lama rampung tetapi kendalanya mesih menunggu hasil audit BPKP untuk dilampirkan secara bersamaan pada saat penyerahan kepada hakim Pengadilan Tipikor,” kata Aspidsus Kejari Saumlaki, Denny syahputra di Ambon, Rabu.
    Dalam penanganan kasus tersebut, jaksa telah menetapkan dua orang sebagai tersangka diantaranya Kepala Diknas MTB, Holmes Matruty dan rekannya, Elias Lamerburu, selaku pejabat pembuat teknis kegiatan (PPTK) dalam proyek senilai Rp800 juta tersebut.

         Menurut dia, audit investigasi BPKP itu sangat dibutuhkan untuk mengetahui besarnya nilai kerugian negara atau daerah yang timbul dalam perkara itu.
    “Kalau berdasarkan hasil penghitungan sementara jaksa, memang ada kerugian keuangan daerah sebesar Rp325,5 juta sesui fakta penyidikan di lapangan, namun kejaksaan masih menunggulangkah BPKP untuk melakukan audit agar hasilnya dilampirkan dalam berkas perkara,” katanya.
    Jaksa juga sudah melakukan gelar perkara di BPKP RI Perwakilan Maluku sejak tahun lalu agar lembaga ini bisa menurunkan timnya guna melakukan audit, tetapi sampai saat ini belum terealisasi.
    “Untuk sementara kami masih menunggu auditor BPKP, dan kalau sampai akhir Maret belum terealisasi maka berkas perkaranya akan dilimpahkan ke pengadilan tipikor untuk disidangkan,” kata Denny Syahputra.
    Diknas Kabupaten MTB pada tahun anggaran 2014 lalu mendapatkan kucuran dana APBD kabupaten sebesar Rp800 juta untuk membangun ruang rapat, tetapi dalam pengerjaan fisik di lapangan tidak rampung dan terdapat kerugian keuangan negara atau daerah sehingga jaksa menetapkan Holmes Matruty dan Elias Lamerburu sebagai tersangka.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com