• Hanya Tebang Satu Pohon Copot Pejabat

    0
    Pohon yang ditebang (1)

    Hanya Tebang Satu Pohon Copot Pejabat

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kabid Pertamanan dan Kasi penghijauan DPJPP Kota Palembang kena batunya, lantaran dinilai melakukan pelanggaran, Keduanya dicopot oleh Walikota Palembang lantaran dinilai melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda) dengan membuat perintah untuk menebang pohon. Kedua Kabid tersebut merupakan pejabat Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang.

    Walikota bersama para pejabat lainnya saat itu, hendak memantau kebersihan di jalan-jalan protokol, secara tidak sengaja Walikota dan rombongan melintasi kawasan Kambang iwak dan secara tidak sengaja melihat para petugas DPJPP sedang melakukan penebangan pohon. Secara spontan Walikota langsung menghentikan kendaraannya seraya menghampiri para petugas tersebut.

    Petugas DPJPP  yang sedang melakukan penebangan pohon di Halaman Rumah makan Bumbu Desa yang terletak di kawasan Kambang Iwak, Selasa (28/3) sekitar pukul 22:00 WIB.

    Walikota Palembang Harnojoyo langsung menegur para petugas tersebut “Ini siapa yang memerintahkan menebang pohon. Kok seenaknya saja kalian tebang pohon, ini melanggar Perda,  Pohon sebesar ini kok ditebang” ucapnya dengan tegas.

    Mendapat tegoran dari walikota, para petugas tersebut mengatakan kalau mendapat perintah langsung dari Kabid Pertamanan dan Kasi penghijauan DPJPP Kota Palembang. Mendengar jawaban petugas tersebut sontak Walikota langsung meradang.

    “Ini bahaya, pejabat kok seenaknya main perintah tebang saja, tidak paham apa ada aturannya,  saya minta copot pejabat itu malam ini juga” tegas Harnojoyo.

    Sempat terjadi perbincangan antara Walikota Palembang dengan penanggung jawab rumah makan Bumbu Desa terebut. Namun seolah sang pemilik rumah makan tidak mau disalahkan dan merasa penebangan pohon sudah sesuai prosedur. Pernyataan pemilik rumah makan ini juga memancing kemarahan Walikota.

    “Bukan hanya pejabat yang saya pecat, kalau rumah makan ini terbukti melakukan pelanggaran akan saya permasalahkan dan bisa saya cabut izin usahanya” tambah Harnojoyo lagi.

    Ucapan Harnojoyo untuk mencopot pejabat DPJPP tersebut bukan sekedar gertakan belaka, saat itu juga Harnojoyo langsung memerintahkan Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) yang saat itu juga berada di lokasi untuk segera membuat surat pencopotan.

    “Coba Kepala BKD buatlah surat pemecatannnya malam ini juga, saya tunggu malam ini di Rumah Dinas, saya tanda tangani langsung. Bukan kali ini saja pejabat tersebut melakukan penebangan, sudah beberapa kali saya mendapat laporan di beberapa lokasi melakukan penebangan, kali ini harus diberi pelajaran” Perintah Harnojoyo kepada Kepala BKD, Kurniawan.

    Akan tetapi beredar rumor pemecatan ini juga berkaitan dengan penebangan pohon yang terkena lintasan jalur LRT, karena terbukti juga melanggar Perda Kota Palembang. (rel/edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com