• Gubernur SUMSEL Ajukan Ranperda Pengendalian Kebakaran Hutan

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengajukan rancangan peraturan daerah tentang pengendalian kebakaran hutan untuk dibahas DPRD setempat.
    “Kebakaran hutan dan atau lahan di Indonesia terjadi setiap tahun walaupun frekuensi, intensitas dan luas arealnya berbeda,” kata Alex Noerdin pada rapat paripurna DPRD Sumsel di Palembang, Jumat.
    Menurut dia, Sumsel merupakan salah satu dari beberapa provinsi yang rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan.
    Ia mengatakan, kawasan hutan di Sumsel 3.466.900,50 hektare, perkebunan 1.800.000 ha, lahan pertanian 752.000 ha, lahan lainnya 1.564.320 ha, dan lahan gambut 1.483.662 ha.
    Khusus  lahan gambut, tersebar di enam kabupaten yakni Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin, Muaraenim, Ogan Ilir dan Musirawas, katanya.
    Ia menyatakan, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Inpres  Presiden Nomor 11 tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.
    Gubernur menuturkan, kendala yang dialami dalam melakukan pemadaman dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan antara lain lokasi sulit dijangkau, selain lahan gambut berkarakteristik sulit dipadamkan.
    Selanjutnya, luasnya lahan yang terbakar dan alat pemadam terbatas dan terbatasnya sumber air di lapangan dan ditambah cuaca yang panas dan tiupan angin yang kencang, ujarnya.
    “Karena itu, dalam rangka optimalisasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan Pemprov Sumsel mengajukan ranperda upaya-upaya  pencegahan, penanggulangan, penanganan dan pengawasannya termasuk mengatur keterlibatan pemangku kepentingan terkait dan masyarakat khususnya yang berada di sekitar kawasan hutan dan lahan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com