• Gubernur Optimistis Kolam Retensi Atasi Banjir Bandung

    0

    Bandung, jurnalsumatra.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher optimistis keberadaan Kolam Retensi Cieunteung, bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung saat musim penghujan tiba.
    “Tentu ke depan kita akan wujudkan infrastruktur di Cieunteung, kita akan koordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air, untuk mewujudkan kolam retensi atau Situ Retensi Cieunteung, mungkin lebih dari 5 hektare,” kata Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Bandung, Senin.
    Menurut dia, penetapan lokasi untuk pembebasan untuk rencana pembangunan Kolam Retensi Cieunteung tersebut sudah ditandatanganinya namun untuk pelaksanaan pembebasan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui BBWS Citarum.
    Ia menuturkan penanganan mitigasi bencana banjir di Kabupaten Bandung terus dilakukan oleh pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.
    “Tim SAR hadir, Basarnas hadir, BPBD provinsi dan kabupaten juga hadir, dinsos, dinas kesehatan semua dinas terkait terlibat,” kata dia.
    Menurut dia, Pemprov Jawa Barat juga terus mengupayakan program Citarum Bestari dalam menjaga kelestarian alam di sekitar daerah aliran Sungai Citarum dan sebagai upaya antisipasi banjir di Kabupaten Bandung.
    “Kita dari pemerintah provinsi, Citarum Bestari ini dalam arti hutannya dengan mendorong masyarakat untuk menghijaukan kembali, memperdayakan masyarakat lewat pembangunan bio gas, dan septic tank komunal dan pengawasan yang lebih baik lagi,” kata dia.
    Dari segi wilayah terdampak, banjir di Kabupaten Bandung yang terjadi tahun 2016 ini, kata Aher, jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.
    “Tahun lalu itu ada sembilan kecamatan terdampak, tahun ini lima kecamatan tapi dampaknya jauh lebih dalam makanya perlu dilihat penyebabnya,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com