• Ganjar Berharap Peta Desa Tampilkan Data Kemiskinan

    0

         Semarang, jurnalsumatra.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap peta desa yang diluncurkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar beberapa waktu lalu, dapat menampilkan data kemiskinan di masing-masing desa.
    “Dengan adanya data warga miskin, lengkap dengan jumlah dan tingkatan kemiskinan maka akan mempermudah pemerintah mengintervensi warga miskin dengan menindaklanjutinya,” katanya di Semarang, Rabu.
    Ganjar mengaku kesulitan mencari data warga miskin di daerahnya dan data warga miskin yang dimaksud itu tidak hanya meliputi nama, alamat, dan profesi, tapi juga tingkatan kemiskinan.
    “Apakah si miskin ini masuk kategori sangat miskin, miskin, atau mulai membaik,” ujarnya.
    Menurut Ganjar, peta desa akan menjadi dasar pertimbangan berbagai kebijakan nasional maupun daerah, sekaligus digunakan untuk merancang tata ruang desa di kawasan pedesaan, daerah transmigrasi, serta sumber daya lahan, air, dan sumber energi terbarukan.
    “Saya punya program desa mandiri yang bukan kepemerintahan tapi kewilayahan, untuk merumuskan desa berdikari ada dua hal penting di desa tersebut yakni mampu menyelesaikan soal pangan dan energi,” katanya.
    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan  bahwa Pemprov Jateng memfokuskan penurunan angka kemiskinan selama 2016 dengan berbagai program pembangunan yang digalakkan ke seluruh lapisan masyarakat.
    “Angka kemiskinan Jateng masih tergolong tinggi sehingga kami fokus pada program pengentasan kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya.
    Ia menjelaskan bahwa salah satu langkah awal untuk menurunkan angka kemiskinan adalah dengan melakukan validasi data warga miskin yang ada di Jateng secara betul dan diikuti dengan menjalankan program-program yang langsung menyentuh kepada masyarakat miskin.
    “Program-programnya seperti pemberian stimulus kepada usaha kecil menengah (UKM) atau memberikan fasilitasi pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH),” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com