• FIB-Unand Targetkan 50 Persen Dosen Bergelar Doktor

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 50 persen dosennya bergelar doktor dua hingga tiga tahun mendatang.
    “Saat ini baru 20 orang dosen FIB yang bergelar doktor, dari jumlah dosen sebanyak 113 orang,” kata Dekan FIB Unand Prof Gusti Asnan, di Padang, Jumat.
    Dia menyebutkan peluang untuk mengejar target tersebut cukup besar mengingat saat ini sekitar 80 orang dosen telah bergelar magister. Artinya hanya tinggal selangkah lagi dosen tersebut mengejar Doktor dengan melanjutkan studi S3.
    Ditambah lagi saat ini sebagian besar diantaranya sedang melanjutkan studi di beberapa perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Diharapkan tahun ini beberapa diantaranya selesai dan bergelar doktor.
    “Penambahan jumlah doktor ini menjadi prioritas FIB sebagai langkah meningkatkan kualitas fakultas di dunia nasional maupun internasional,” katanya.
    Sebab saat ini FIB masih sulit bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Ini terlihat dari minimnya karya dosen FIB yang terpublikasi di nasional dan internasional.
    Bahkan jurusan Sastra Daerah Minangkabau yang disebut satu-satunya di dunia, sejauh ini belum menunjukkan identitas melalui beragam karyanya.
    Meskipun demikian kata dia, pihaknya akan berupaya membenahi kekurangan tersebut dengan prioritas penguatan sumber daya manusia dan kemudian baru akademik, sarana dan infrastruktur yang juga dilakukan dengan seimbang.
    “Diharapkan misi Unand menjadi kelas dunia dapat ikut ditopang kemajuan dari fakultas salah satunya FIB,” ujarnya.
    Sementara itu salah satu mahasiswa FIB Frans,  berharap penguatan sumber daya tidak serta merta hanya meningkatkan kualitas dosennya saja. Namun juga penguatan karakteristik mahasiswa.
    Sebab menurutnya unggul atau tidaknya mahasiswa juga ikut memengaruhi prestasi fakultas di berbagai tingkat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com