• Diduga, Kades Talang Makmur Tilap Tunjangan Perangkat

    0

    Kayuagung, jurnalsumatra.com – Sejumlah perangkat Desa Talang Makmur Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengeluhkan lebih dari setahun tak menerima gaji atau tunjangan, sehingga mereka beranggapan jika honor mereka tersebut telah ditilap Kades.

    Mereka menuntut pencairan penghasilan tetap (siltap) yang sejak awal tahun belum dicairkan.

    “Seharusnya sudah sejak Januari dicairkan. Namun sampai sekarang belum dicairkan,” kata Salah seorang perangkat yang meminta namanya dirahasiakan kepada Jurnal Sumatra.

    Sementara itu, salah seorang pengurus Lembaga Pemberdayaan Maysrakat Desa (LPMD) Talang Makmur yang juga meminta namanya tidak ditulis mengatakan selama dua tahun dirinya menjabat baru menerima uang Rp300 ribu, yakni pada tahun 2014.

    “Selama saya menjabat, hanya menerima uang tiga ratus rupiah, selah itu, hingga sekarang tidak satu rupiah pun kami menerima honor lagi,” ungkap dia, seraya menambahkan jika dirinya merupakan bagian dari anggota LPMD terhitung sejak 27 Februari 2014, dengan jumlah anggota keseluruhan 30 orang.

    Sementara itu, Kepala Desa Talang Makmur  Ali Usuf ketika diwawancara melalui handphonenya membenarkan bahwa tunjangan perangkat di Desa Talang Makmur Kecamatan Sungai Menang belum dibayarkan karena adanya keterlambatan administrasi.

    “Memang benar tunjangan seluruh perangkat desa pada tahun 2015 belum dibayar karena ad‎anya keselisihan nomor rekening dan kartu tanda penduduk (KTP). Tetapi, itu hanya di triwulan terakhir atau tidak seluruhnya hingga satu tahun,” ungkapnya sambil mengatakan akan mengurus semuanya dalam waktu dekat ini.

    Terpisah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD), Hj Nursula SSos mengatakan, memang benar Kades tersebut‎ telah menyalahi aturan yang ada. Tetapi, ada juga desa yang belum mencairkan karena terkendala pembuatan rekening.

    “Tunjangan untuk perangkat desa biasanya langsung ke rekening masing-masing perangkat desa. Selaku Badan PMPD permasalahan ini akan kita kroscek sejauh mana kebenarannya. (RICO/ATA)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com