• DAS Siap Medukung Pemerintah

    0
    DAS Siap Medukung Pemerintah

    DAS Siap Medukung Pemerintah

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Berbagai upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk memelihara dan melestarikan lingkungan yang ada di khususnya Provinsi Sumsel membentuk Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk membuat perencanaan matang dalam menanggulangi kerusakan lingkungan guna mendukung Program Pemerintah melindungi dan melestarikan lingkungan di Sumsel.

    Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Selatan Sigit Wibowo di Palembang, Kamis(31/3/2016), usai melantik pengurus Forum DAS mengatakan, forum ini menjadi wadah dari berbagai pelaku kepentingan untuk saling bersinergi memecahkan persoalan terkait pelestarian DAS. “Dalam hal ini kerusakan DAS ini sudah demikian masif, dari hulu hingga ke hilir, jika tidak dibuat langkah-langkah strategis maka dapat mengancam keberlangsungan lingkungan. Keberadaan forum ini diharapkan dapat merumuskan apa saja langkah yang paling efektif dan metode apa yang paling tepat untuk mengatasi persoalan ini,” jelasnya.

    Sigit Wibowo merinci, “Pembentukan Forum Koordinator DAS Musi untuk memperbaiki kerusakan lingkungan.Oleh karena itu forum tersebut harus didukung bersama terutama Pemprov Sumsel agar lingkungan tetap lestari,” tambah dia.

    Forum DAS terdiri atas wakil pemerintah provinsi, Badan Lingkungan Hidup, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia, para akademisi, para pegiat lingkungan, dan kalangan jurnalis.

    Keberadaan forum ini diharapkan dapat membantu penyerapan dana bantuan dari sejumlah negara donor yang bermaksud menyalurkannya ke Indonesia.

    Manajer Restorasi Hutan dan Bentang Alam World Resort International Satrio Adi Wicaksono yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan forum ini diberikan waktu hingga Desember 2016 untuk merumuskan langkah yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kerusakan DAS.

    “Setelah proses sudah masuk tahap implementasi, WRI akan mengelola dana bantuan dari sejumlah negara donor untuk membantu pemulihan DAS di Sumsel. Sejauh ini WRI ingin menjadikan Sumsel sebagai proyek percontohan,” kata dia.

    Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel diketahui bahwa dari 8 juta hektare luas lahan DAS Sungai Musi yang membentang dari Jambi, Bengkulu dan Sumsel, tingkat kerusakannya sebesar 30 persen.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com