• Catur – Percasi Sumut Galakkan Turnamen Lintas Generasi

    0

        Medan, jurnalsumatra.com – Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Utara periode 2015-2019 berjanji akan menggalakkan pertandingan catur, dalam upaya melahirkan lebih banyak lagi atlet catur berbakat dari daerah itu.
    “Salah satu program kita adalah menggalakkan pertandingan catur lintas generasi guna melahirkan atlet berbakat,” kata Ketua Percasi Sumut, Parlindungan Purba usai dilantik sebagai Ketua Umum periode 2015-2019, Sabtu.
    Ia mengatakan, pertandingan catur lintas generasi tersebut akan digelar di semua lapisan masyarakat, mulai dari sekolah, perguruan tinggi, instansi dan lainnya.

        “Kita akan menggelar Liga Mahasiswa, pertandingan antar instansi, dan kepolisian. Intinya kita ingin mengembalikan nama Sumut sebagai gudang atlet catur,” katanya.
    Selain itu, Percasi Sumut juga akan fokus mempersiapkan atlet menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat dan untuk itu pihaknya menargetkan satu medali emas.
    “Kita harus memulai lagi dari awal, karena kita telah kehilangan pecatur berbakat. Tapi kita tetap optimis meraih satu emas di PON nanti,” kata  Anggota DPD RI dari Sumut tersebut.
    Rencana untuk menggalakkan pertandingan catur itu mendapat dukungan dari Plt Guernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang mengatakan untuk melahirkan atlet-atlet berbakat, maka perlu digelar pertandingan catur secara berkesinambungan.

        “Karena atlet perlu kompetisi untuk menambah jam terbang. Tanpa even semangat atlet menurun,” ungkapnya.
    Erry mengungkapkan, dirinya merupakan mantan Ketua Percasi Kota Medan tahun 2000 dan saat itu catur pertama kali dipertandingkan di hotel.
    Dia yakin kepengurusan yang baru dilantik ini mampu mempopulerkan catur di seluruh kalangan.
    “Saya yakin Parlindungan mampu membawa catur ini semakin berkembang,” katanya.
    Ambisi untuk mengembalikan prestasi catur Sumut tersebut mendapat sambutan dari semua pihak, termasuk dari KONI Sumut.

        “Kita berharap prestasi catur Sumut semakin meningkat. Muncul pacatur-pecatur berbakat setelah kehilangan Johanes Simbolon dan Carles Manik,” kata Ketua Ketua KONI Sumut, Gus Irawan Pasaribu.
    Gus menilai, catur Sumut sudah mengalami kemajuan di bawah kepemimpinan Parlindungan Purba sebelumnya, salah satunya  adalah pergeseran image dari warung-warung ke sekolah-sekolah.
    “Kita berharap di periode kedua ini, catur semakin berkembang, khususnya munculnya pacatur-pecatur usia dini,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com