• Bupati Seruyan Sampaikan Utang Sigintung Pada Presiden

    0

         Kuala Pembuang, Kalteng, jurnalsumatra.com – Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono akan menyampaikan polemik utang pembangunan pelabuhan Samuder Teluk Sigintung kepada Presiden RI Joko Widodo.
    “Saya akan menghadap Presiden RI untuk menyampaikan masalah sebenarnya yang terjadi dalam pembangunan pelabuhan Sigintung, terutama berkaitan dengan masalah hukum utang Sigintung,” katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.
    Persoalan pelabuhan Sigintung perlu mendapat perhatian khusus dari Presiden, karena persoalan yang kini membuat dia dan beberapa pejabat menjadi berurusan dengan hukum tidak semudah yang dibayangkan banyak pihak.

         “Ini bukan hanya masalah saya telah ditetapkan sebagai tersangka penggelapan oleh Bareskrim Mabes Polri, tapi lebih dari itu, ada masalah rumit yang telah terjadi dalam kasus ini,” katanya.
    Orang nomor satu di tanah air ini perlu mengetahui bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini bupati telah dihadapkan dalam posisi yang sulit dan dilematis dalam menyikapi utang Pelabuhan Sigintung.
    Di satu sisi ada putusan pengadilan yang mewajibkan Pemkab Seruyan untuk membayarkan klaim sisa pembayaran sebesar Rp34,747 miliar kepada PT Swakarya Jaya (SKJ) selaku rekanan yang melakukan pembangunan Pelabuhan Sigintung.

         “Namun di satu sisi lagi ada temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dalam pembangunan Pelabuhan Sigintung yang tidak bisa diabaikan, dan barang siapa yang mengabaikan akan diancam pidana dan denda,” katanya.
    Berdasarkan hasil konsultasi dengan BPK, bila Pemkab melakukan pembayaran utang Sigintung maka akan menimbulkan permasalahan hukum lainnya, karena pada proyek pembangunan Sigintung ditemukan kerugian negara yang tidak sedikit.
    “Sebab itulah, saya akan minta fatwa dari petinggi negeri ini atas pertentangan yang terjadi. Saya tidak ingin menjadi korban dari proyek yang berlangsung ketika saya belum menjadi bupati, sementara pihak-pihak yang membuat proyek tenang-tenang saja,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com