• Bupati OKI Yakin Target Tercapai

    0

    IMG20160317113902Kayuagung, jurnalsumatra.com – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE melalui Asisten II Setda OKI Heri Susanto SSos, mengatakan, Kabupaten ^OKI  merupakan salah satu kabupaten terbesar ketiga penyumbang produksi beras di Sumatera Selatan.

    “Pada tahun 2016 ini, OKI mendapat target produksi sebanyak 851.100 ton pertahun. Kita yakin  target tersebut pasti tercapai,  apalagi tahun ini kita juga dapat pupuk bersubsidi mencapai  625.950 ton, pupuk ini diperlukan untuk memenuhi  kebutuhan tanaman pangan serta menunjang kebutuhan pokok rakyat,” demikian disampaikan  bupati OKI Iskandar SE melalui Asisten II Setda OKI Heri Susanto saat melakukan panen raya di Desa Belida Kecamatan Lempuing Jaya dan Desa Cahaya Maju Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

    Sementara itu Dandim 0402 OKI-OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra, S.Sos menyampaikan bahwa pihak TNI melakukan pendapingan kepada Petani dan Pihak Dinas Pertanian untuk menjadikan Indonesia khususnya Kabupaten OKI swasembada Pangan.

    Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi saat diwawancari menjelaskan, Lahan di OKI, tahun 2014 terdata seluas 124.000 Hektar dan beralaih fungsi lebih kurang 4.000 Hektar, salah satunya terbesar di kec. Lempuing dan Lempuing Jaya. Alih fungsi ini ada yang di alihkan ke tanaman perkebunan dan pembangunan fasilitas umum lainya, seperti jalan dan pemukiman termasuk pasar, ruko, yg mengunakan lahan – lahan pertanian produktif.

    Ditahun 2016 ini perdatanam data bahwa luas area yg dapat di tanami padi meningkat seluas menjadi  139.735 Hektar, peningkatan ini bertambah dari  cetak sawah dan pembukaan lahan – lahan sawah baru, lahan yang selama ini tidak tertanami dan berkat semangat para petani dari dampak kemarau  lahan – lahan tidur semua hampir di manfaatkan.

    Syarifudin menambahkan produksi padi kita di tahun 2016 ini, di targetkan sebanyak  851.000 Ton,  tentu produksi ini akan kita peroleh dari  panen yang kita lakukan  pada bulan  januari, maret  yang hari ini kita laksanakan di desa Sungai Belida dan desa Cahaya Maju.

    Sementara itu  Asisten II Setda OKI Heri Susanto mengatakan “Ini adalah komitmen pemerintah Kabupaten OKI meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian.

    Kita menargetkan IP-200 di kecamatan Lempuing dan kecamatan Lempuing Jaya bias 100 persen.

    “Di 2016 Pemerintah Kabupaten OKI mempunyai banyak program, diantaranya program unggulan adalah Cetak Sawah Baru untuk Sumatera Selatan 14.700 dan 11ribunya ada di Kabupaten OKI yang tersebar di 7 Kecamatan di OKI. Untuk kedepan kita berarti ada tambahan areal baru sebanyak 11.000 hektar, kemudian program Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Lebak yang kita fokuskan di Desa Awal Terusan Laut Kecamatan SP Padang seluas 500 hektar” tambah Syarifudin.

    Hadir pada acara tersebut, Staf Ahli Kementrian Pertanian, Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra, S.Sos, Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi, para Camat, KUPTD Pertaniaan Kec Lempuing dan Lempuing Jaya, para Kades serta masyarakat petani Lempuing dan Lempuing Jaya.(ata)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com