• Bupati OKI Tandang ke Desa Tertinggal

    0

    Kayuagung, jurnalsumatra.com —Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE mendatangi desa-desa di daerahnya yang berstatus tertinggal dan terisolir.

    Program yang dinamakan Tandang Desa ini perdana dilakukannya ke Desa Parit Raya dan Desa Lebak Beriang Kecamatan Cengal, Selasa (1/3) sore dan malam.

    Untuk menuju Desa Parit Raya dari perkotaan Kayuagung membutuhkan waktu tempuh lebih dari 4 jam via kendaraan darat.

    Bupati OKI Iskandar SE mengatakan, 7 tahun lalu saya ke Desa Parit Raya naik perahu karena belum ada jalan darat. Kini sudah ada jalan darat meski kondisinya belum baik.

    Data di Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal tahun 2013, 145  desa di OKI merupakan desa tertinggal. Tahun 2014 terentaskan sebanyak 70 desa dan saat ini menyisakan 75 desa lagi. Desa Parit Raya salah satunya.

    “Secara perekonomian warga desa ini tidaktertinggal karena banyak orang mampu, yang tertinggal kondisi infrastrukturnya” pungkas Iskandar.

    Program Tandang Desa menurut Iskandar  sejalan dengan program pemerintah pusat.

    “Presiden punya program membangun dari pinggiran, OKI punya program membangun dari Desa,”ujarnya.

    Tujuan Tandang Desa untuk eratkan silahturahmi dengan warga desa di pelosok.

    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) OKI Hj Nursula SSos mengatakan, program Tandang Desa dilakukan 75 desa di OKI yang ber ppredikat desa tertinggal.

     “Sasarannya desa tertinggal dan program ini sudah dilaunching tahun lalu, desa ini perdana,”katanya.

    setiap tahun pungkasnya 25 desa akan dikunjungi hingga 2018 Tujuannya seluruh pejabat melihat langsung kondisi desa sehingga bisa melihat program apa yang akan dilakukan di desa tertinggal.

    “Tujuannya meningkatkan desa tertinggal menjadi desa maju. 3 tahun ke depan tak ada lagi desa tertinggal. Seluruh instansi bisa membantu sesuai bidangnya,”cetus Nursula.

    Dalam Tandang Desa tadi5e3eb457-89b4-4ab5-b4fa-7052b67fd43a (1), bupati memberikan bantuan Rp 25 juta kepada setiap desa yang diterima kepala desa dan perlengkapan karang taruna.(ata)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com