• Bupati Jember Sidak PIN Di Fasilitas Umum

    0

    Jember, jurnalsumatra.com – Bupati Jember Faida melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio yang berada di fasilitas umum yakni Pasar Tanjung, pusat perbelanjaan Matahari, Stasiun Jember dan Terminal Tawangalun Jember, Selasa.
    “Saya ingin memantau secara langsung bagaimana pos PIN yang disediakan di beberapa tempat fasilitas umum yang ramai dikunjungi masyarakat,” kata Faida di sela-sela kunjungannya ke pusat perbelanjaan Matahari Departement Store Jember.
    Menurutnya, keberadaan pos PIN tambahan di beberapa tempat pelayanan umum seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, stasiun, dan terminal dapat memudahkan masyarakat yang belum sempat ke posyandu untuk mendapatkan vaksin polio tersebut.
    “Kalau orang tua belum sempat ke posyandu dan kebetulan singgah di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan dengan membawa anaknya, maka bisa mendapatkan vaksin polio di tempat tersebut secara gratis,” tuturnya.
    Di sela-sela inspeksi tersebut, Bupati Faida juga sempat berbincang dengan petugas pos PIN terkait dengan pelayanan pemberian vaksin polio dan berbincang dengan masyarakat yang membawa balita, namun belum divaksin di posyandu.
    “Beberapa pengunjung di pusat perbelanjaan tadi ada yang tidak tahu kalau di pusat perbelanjaan disediakan pos PIN polio, sehingga keberadaan pos PIN tambahan di sejumlah fasilitas pelayanan umum sangat membantu masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi,” ujarnya.
    Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Dinas Kesehatan Jember, Dyah Kusworini mengatakan PIN Polio merupakan pemberian imunisasi tambahan kepada sasaran umur 0-59 bulan yang merupakan program pemerintah pusat guna mencegah anak-anak diserang penyakit polio.
    “Di Jember terdapat 182.752 balita yang menjadi sasaran PIN Polio, sehingga diimbau orang tua membawa putra-putrinya ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis,” katanya.
    Ia mengatakan tujuan khusus PIN Polio yakni memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi cukup tinggi dengan cakupan lebih dari 95 persen dan memberikan perlindungan secara optimal kepada kelompok usia 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya virus polio sabin.
    “Dinkes menyiapkan sebanyak 2.830 pos PIN utama yang tersebar di seluruh posyandu dan 78 pos tambahan yang tersebar di puskesmas, rumah sakit, stasiun, terminal, pasar, dan pusat perbelanjaan atau mall,” tuturnya.
    Pos PIN utama akan dibuka secara serentak pada 8 Maret 2016 di seluruh posyandu di Kabupaten Jember mulai pukul 08.00-12.00 WIB, sedangkan pos tambahan akan dibuka selama beberapa hari yakni 8-15 Maret 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com