• Bupati Buat Peraturan Larangan Sawah Ditanami Sawit

    0

         Mukomuko, jurnalsumatra.com – Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda menyatakan akan membuat peraturan bupati (perbup) yang mengatur tentang larangan kawasan pertanian ditanami kelapa sawit.
    “Kita akan membuat regulasinya dalam bentuk perbup yang mengatur bahwa kawasan itu untuk persawahan, sehingga tidak boleh ditanami kelapa sawit,” kata Choirul Huda, di Mukomuko, Rabu.
    Bupati mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan pada acara panen raya padi sawah di lahan seluas 300 hektare di satuan permukiman (SP) delapan Desa Sumber Makmur.

        Panen raya padi sawah tersebut dihadiri oleh anggota DPD RI Ahmad Kanedi, wakil bupati Haidir, Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Syafkani, Komandan Distrik Militer (Dandim) Bengkulu Utara Letkol Czi Saiful Rachman, forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD), dan pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
    Ia mengatakan, sebelum membuat perbup tersebut, pemerintah setempat akan memfasilitasi kebutuhan air untuk sawah dalam kawasan pertanian tersebut.
    “Kita tidak sembarangan membuat peraturan tersebut, misalnya  sawah petani tidak bisa diairi,” ujarnya.
    Peraturan ini, katanya, baru bisa diberlakukan kalau semua lahan dalam kawasan pertanian untuk sawah tersebut sudah bisa diari.
    Selain itu, ia meminta masyarakat setempat mengutamakan sawah mendapatkan sumber air. Bukan usaha lain seperti kolam ikan. Kecuali kebutuhan air di areal persawahan sudah terpenuhi, boleh dimanfaatkan untuk usaha lain.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com