• Bupati Badung Minta Masyarakat Harmoni Jelang Nyepi

    0

         Mangupura, jurnalsumatra.com – Bupati Badung, Bali, Giri Prasta meminta seluruh masyarakat di daerah itu untuk ikut menjaga keharmonisan dan toleransi sesama umat beragama menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Pulau Dewata yang berlangsung pada 9 Maret 2016.
    “Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga toleransi saat Nyepi nanti, agar dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Bupati Giri Prasta di Mangupura, Selasa.
    Ia mengatakan, pelaksaan “catur brata penyepian” atau empat pantangan yang harus dijalankan saat melaksanakan perayaan Nyepi yang dilakukan Umat Hindu di Bali tersebut hendaknya sama-sama saling dijaga oleh umat lainnya.
    Dalam pelaksanaan catur brata penyepian itu pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mnyalakan api atau lampu (amati geni), tidak melakukan kegiatan berfoya-foya atau bersenang-senang (amati lelanguan).
    Kemudian, tidak boleh bepergian ke luar rumah (amati lelungan) dan tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan (amati karya). “Untuk itu kami mengajak segenap masyarakat Badung untuk menjaga keharmonisan dalam pelaksanaan Nyepi nanti,” ujarnya.
    Selain itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung serta mendukung semua kegiatan-kegiatan FKUB didalam menjaga keharmonisan umat di Badung.
    “Pemkab Badung senantiasa mendukung seluruh kegiatan FKUB yang sudah berjalan dengan amat baik dan semoga didalam masa kepemimpinan saya, peran serta Pemerintah bersama FKUB bisa ditingkatkan lagi,” ujar Giri Prasta.
    Ketua FKUB Badung Kompyang R Swandika mengatakan FKUB bersama Pemkab Badung dan masyarakat akan terus berupaya menjaga keharmonisan hubungan antar umat beragama di Kabupaten Badung agar tetap berjalan damai dan harmoni.
    “Selama ini hubungan antara FKUB dengan Pemkab Badung sudah berjalan secara harmonis dan baik dan semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Swandika.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com