• Bulog: Penyaluran Rastra Di Jember Tanpa Tunggakan

    0

         Jember, jurnalsumatra.com – Wakil Kepala Bulog Sub-Divre XI Jember, Jawa Timur, Rahmawati mengatakan penyaluran beras keluarga sejahtera (rastra) atau yang dulu dikenal dengan beras masyarakat miskin (raskin) di kabupaten setempat selalu lunas dan tidak ada tunggakan.
    “Alhamdulillah tidak ada tunggakan dalam penyaluran rastra di Jember, semua penerima membayarnya dengan tunai,” kata Rahmawati di Jember, Senin.
    Jumlah rumah tangga sasaran (RTS) yang mendapatkan rastra di Jember sebanyak 192.591 kepala keluarga dan mendapatkan beras sebanyak 15 kilogram untuk masing-masing RTS, sehingga kebutuhan raskin di Jember sebanyak 2.894 ton per bulan atau sekitar 35.000 ton per tahun.

         “Pantauan di lapangan memang tidak ada penerima yang menunggak karena harga beras yang dijual kepada RTS sesuai dengan ketentuan yakni Rp1.600 per kilogram, sehingga masing-masing KK membayar sebesar Rp24.000 untuk mendapatkan 15 kilogram beras itu,” tuturnya.
    Ia menjelaskan pihak Bulog Jember mendistribusikan rastra bulan Januari pada Februari 2016, kemudian dilanjutkan jatah Februari 2016 dan hingga kini pendistribusian bulan Maret sedang berlangsung di seluruh kelurahan/desa secara bertahap.
    “Penyaluran jatah rastra bulan Maret 2016 sudah berjalan hingga 80 persen dan sebelum akhir bulan diharapkan sudah tuntas seluruhnya,” tegasnya.
    Rahmawati mengatakan pihaknya menggunakan beras premium untuk penyaluran rastra karena stok beras medium di gudang Bulog setempat sudah kosong.

         “Kami menyalurkan beras premium untuk jatah rastra mulai bulan Februari 2016 dan bulan-bulan selanjutnya karena stok beras medium kosong, namun saat ini sudah dilakukan pengadaan untuk beras medium,” ujarnya.
    Salah seorang penerima rastra di Kecamatan Tempurejo, Tukinah mengatakan beras yang diterimanya pada Februari dan Maret 2016 kualitasnya lebih bagus dibandingkan jatah rastra yang diterima sebelumnya.
    “Beras yang kami terima warnanya lebih putih dan rasanya lebih enak dibandingkan beras yang kami terima sebelumnya. Harga belinya juga sama dengan pembelian sebelumnya. Mudah-mudahan kualitas beras yang dibagikan bisa tetap seperti ini,” ucapnya, berharap.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com