• BPBD Sumsel Petakan Delapan Daerah Rawan Longsor

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan memetakan ada delapan daerah di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu tergolong rawan bencana tanah longsor pada musim hujan sekarang ini.

    “Daerah yang tergolong rawan bencana tanah longsor itu di antaranya Kabupaten Lahat, Pagaralam, Lintang Empatlawang, Lubuklinggau, Ogan Komering Ulu Selatan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Yulizar Dinoto, di Palembang, Senin.

    Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana itu diimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman tanah longsor sehingga dapat diminimalkan korban jiwa dan kerugian harta benda dalam jumlah besar, katanya.

    Dia menjelaskan untuk membantu masyarakat dan mencegah terjadinya gangguan aktivitas serta transportasi umum jika terjadi bencana tanah longsor, pihaknya sekarang ini menyiagakan sejumlah alat berat di daerah rawan bencana itu sejak awal musim hujan hingga sekarang ini.

    “Menyiapkan alat berat di daerah rawan longsor sangat penting karena jalan akses ke suatu desa, kecamatan, bahkan antarkabupaten dan provinsi sering tertimbun tanah longsor,” ujarnya.

    Dengan disiagakannya alat berat di daerah rawan tanah longsor, jika terjadi bencana itu di kawasan permukiman penduduk, jalan lintas antarkabupaten dan provinsi, serta sejumlah tempat lainnya, bisa ditanggulangi dengan cepat seperti yang terjadi di Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan beberapa waktu lalu.

    Selain bencana tanah longsor, di sejumlah daerah dalam wilayah Provinsi Sumsel ini juga rawan bencana banjir terutama daerah yang berada di bantaran sungai dan memiliki banyak rawa seperti Kota Palembang, Banyuasin, dan Musi Banyuasin, kata Yulizar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com