• Bawaslu Perkuat Pengawasan Dalam PSU Di HALSEL

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan memperkuat sistem pengawasan pada pemungutan suara ulang (PSU) yang akan berlangsung di Kabupaten Halmahera Selatan dan Kepulauan Sula.
    Kasubbag Humas Bawaslu Maluku Utara Irwanto Jurumudi di Ternate, Sabtu, mengatakan, Bawaslu telah melakukan supervisi dan monitoring di wilayah yang akan menggelar PSU, sehingga diharapkan dapat berlangsung secara demokratis.
    Bawaslu juga telah melakukan pembekalan bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) yang akan ditempatkan di 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsungnya PSU pada 19 Maret 2016 nanti.
    Menurutnya, Bawaslu telah memberikan pembinaan dan sosialisasi kemudian diikuti dengan evaluasi mengenai sistem pengawasan secara berjenjang mulai di tingkat PPL hingga Panwascam.
    Sementara itu, sebanyak 1.322 personel gabungan dari Polri, TNI dan Linmas akan mengamankan PSU di Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.
    Dari 1.322 personel tersebut, 580 di antaranya ditugaskan untuk mengamankan PSU di 20 TPS di Kabupaten Halmahera Selatan yang dilaksanakan pada 19 Maret 2016. Sementara sisanya 742 personel untuk PSU di 11 TPS di Kabupaten Kepulauan Sula pada 28 Maret 2016.
    Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar ketika dihubungi mengatakan, dari hasil pemaparan Kapolres Halmahera Selatan, personel yang terlibat sebanyak 580, terdiri dari polres 200 personel, polsek 80 personel, Brimob 100 personel, linmas 40 personel, serta dibantu TNI sebanyak 160 personel.
    Adapun penempatan pasukan ke TPS dimulai pada 17 Maret atau dua hari sebelum PSU. Sementara, pola pengamanan yang akan digunakan yaitu 10-1-2, yakni 10 polri mengamankan satu TPS dan dua linmas. Dengan rincian, 2 anggota Polri benar-benar fokus amankan TPS, sementara yang lain berjaga di sekitar TPS.
    “Sedangkan, untuk pola pengamanannya sama dengan yang di Kabupaten Halmahera Selatan, hanya saja pergeseran pasukan sekitar satu minggu sebelum PSU berlangsung,” katanya.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com